KAJIAN SOSIOLOGIS TENTANG PENGARUH SISTEM SOSIAL BUDAYA DALAM KEHIDUPAN BERMASYARAKAT

Nahriyah Fata* -  Lecturer of Tarbiyah and Teacher Training Faculty at IAIN Padangsidimpuan. Jl. T. Rijal Nurdin Km.4,5 Sihitang Padangsidimpuan 22733, Indonesia

Abstract: Focus of study in this simple inscription about various sosial environment which can effect the grouth of motivation and success of studies in children and adolescents, both of them can get effect easily from Sosial environment where they are growth. Basically, there are effects which support and hamper and both of them will be discussed by explaining the role that is expected of environment which are revealed in the behaviour patterns of individual. As for the environment are the focus of this paper are family, Friend, School which will be explained by sociological approach especially the concept about the role children’s interaction and adolecents with their environments. Sometimes because of parents’ bussiness or lack of knowledge and limitation time for gathering with children and adolescents’ it caused the role of this environment tends to ignored. So, through this simple inscription is expected focus introduction that environment gives direction for educators/ teachers and minimalized the negative effect or something which can humper motivating their successful in studying .

Keywords: Environment, Sociology.

 

Abstrak: Fokus kajian dalam tulisan sederhana ini tentang berbagai lingkungan sosial yang dapat mempengaruhi pertumbuhan motivasi dan keberhasilan studi pada anak-anak dan remaja, keduanya bisa mendapatkan efek dengan mudah dari lingkungan Sosial di mana mereka tumbuh. Pada dasarnya, ada efek yang mendukung dan menghambat dan keduanya akan dibahas dengan menjelaskan peran yang diharapkan dari lingkungan yang terungkap dalam pola perilaku individu. Adapun lingkungan adalah fokus dari makalah ini keluarga, teman, sekolah yang akan dijelaskan dengan pendekatan sosiologis terutama konsep tentang interaksi dan remaja anak-anak peran dengan lingkungan mereka. Kadang-kadang karena 'bisnis atau kurangnya pengetahuan dan keterbatasan waktu untuk berkumpul dengan anak-anak dan remaja orang tua itu disebabkan peran lingkungan ini cenderung diabaikan. Jadi, melalui tulisan sederhana ini diharapkan pengenalan fokus bahwa lingkungan memberikan arah bagi pendidik / guru dan meminimalkan efek negatif atau sesuatu yang dapat humper memotivasi sukses mereka dalam belajar.

Kata Kunci: Lingkungan, Sosiologi

Keywords : Environment, Sociology

  1. Abdullah Idi, Sosiologi Pendidikan¸ Jakarta: Rajawali Pers, 2011.
  2. Ali Qoimi , Keluarga dan Anak Bermasalah, Bogor: Cahaya, 2002.
  3. Adil Fathi, Menjadi Ayah Sikses, Jakarta: Gema Insani Pers, 2003.
  4. Hasan Asari dkk, Pendidikan Psikologi Islami, Editor: AlRasyidin, Bandung: Citapustaka Media, 2007.
  5. Haryanto, Rasulullah Way Of Managing People, Jakarta Khalifa, 2011.
  6. Hendi Suhendi dan Ramdani Wahyu, Pengantar Sosiologi Keluarga, Bandung: Pustaka Setia, 2001.
  7. Horton dan Hurt, Sosiologi, terj. Aminuddin Ram dan Tita Sobari, Jakarta: Erlangga, 1996.
  8. M. Bashori Muchsin, Pendidikan Islam Humanistik, Bandung: Refika Aditama, 2010.
  9. Sorjono Soekanto,Sosiologi Suatu Pengantar, Jakarta: Rajawali Pers, 2003.
  10. Wiiliam Stainback dan Susan Stain Back, Bagaimana membantu Anak anda berhasil di sekolah, Yogyakarta: Kanisius, 1999.

Open Access Copyright (c) 2015 Nahriyah Fata
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

FITRAH: Jurnal Kajian Ilmu-ilmu Keislaman
Published by Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Institut Agama Islam Negeri Padangsidimpuan, Indonesia
Jl. T. Rizal Nurdin Km. 4,5 Sihitang, Kota Padang Sidempuan
Phone: 0634-22080
Website: http://jurnal.iain-padangsidimpuan.ac.id/index.php/F/
Email: fitrah@iain-padangsidimpuan.ac.id