WAWASAN MULTIKULTURAL DALAM SUPERVISI AKADEMIK PENDIDIKAN AGAMA ISLAM ASPEK FIQIH DI SMP NEGERI KABUPATEN SINTANG

ILHAMDI ILHAMDI

Abstract


Abstrac: This study is an attempt to correct Islamic education (PAI), improving the competence of teachers and supervisors. This study used qualitative methods. To analyze the data used descriptive analysis. Based on the  result of the research that the material content of Islamic education Junior hight School aspects of Fiqh for classes VII, VIII, and IX class semester of odd and even do not incorporate the principles of sound multicultural. As well as in academic supervisory planning document (RKA) PAI supervisor Academic Year 2013/2014 of odd and even semester still focused on the learning process and the administration of teacher.

Keywords: Academic plan supervisory (RKA), Aspects of Fiqh at PAI, and Multicultural


Abstrak: Penelitian ini adalah upaya untuk memperbaiki pendidikan agama Islam (PAI), meningkatkan kompetensi guru dan pengawas. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Untuk menganalisis data penelitian digunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian bahwa isi materi pendidikan agama Islam SMP aspek fiqih untuk kelas VII, VIII, dan kelas IX semester ganjil dan genap tidak memuat prinsip-prinsip yang berwawasan multikultural. Begitu juga dalam dokumen rencana kepengawasan akademik (RKA) pengawas PAI Tahun Pelajaran 2013/2014 semester ganjil dan genap masih difokuskan pada proses pembelajaran dan administrasi guru.

Kata Kunci: Rencana Kepengawasan Akademik (RKA), PAI Aspek Fiqih, dan Multikultural.

Keywords


Academic plan supervisory (RKA), Aspects of Fiqh at PAI, and Multicultural

Full Text:

PDF

References


A. Ahmad Marimba, Pengantar Filsafat. Bandung: PT. Al-Ma’arif, 1962.

Abdullah M. Amin, Studi Agama Normativitas dan Historitas.Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 1996.

---------,Pendidikan Agama Era Multikultural-Multireligius. Jakarta:PSAP, 2005.

Abdurrahman An Nahlawi, Pendidikan Islam di Rumah, Sekolah dan Masyarakat. Jakarta: Gema Insani Pers, 2000.

Ahmad Syahid, Peta Kerukunan Umat Beragama Provinsi Bengkulu.Jakarta: Depag RI, 2003.

Ali Imran, Supervisi Pembelajaran Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara, 2011.

Azyumardi Azra, Pendidikan Multikultural; Membangun Kembali Indonesia Bhineka Tunggal Ika, dalam Tsaqafah, Vol. Nomor 2 Tahun 2003.

Barutt G Leroy and M.Lee Manning, Multicultural Education of Children and Adolescent. USA: A Pearson Education Company, 2000.

Bennet I Christine I Bennet, Comprehensive Multicultural Education: Theory and Practice.USA: Simon & Schuster Company, 1995.

Departemen Pendidikan Nasional Dirjen Dikdasmen, Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas, 2003.

Depdikbud, Garis-Garis Besar Pengajaran. Jakarta: Depdikbud, 1995.

Djajadisastra Joesoef, Pengantar Administrasi Pendidikan. Jakarta: Depdikbud, 1976.

Glickman, Development Supervision; Alternative Practice for Helping Teacher Improve Instruction. Virginia: ASCD, 1981.

Muhammad Arifin, Hubungan Timbal Balik Pendidikan, Jakarta: Bulan Bintang, 1985.

Ngainun Naim dan Achmad Syauqi, Pendidikan Multikultural; Konsep dan Aplikasi.Yogyakarta: AR-Ruzz Media, 2011.

Peraturan Pemerintah Nomor 55 Tahun 2007 Tentang Pendidikan Agama dan Pendidikan Keagamaan.

Suharsimi Arikunto, Dasar-Dasar Supervisi. Jakarta: Rineka Cipta, 2004.

Syamsul Arifin, Silang Sengkarut Agama di Ranah Sosial Tentang Konflik, Kekerasan Agama dan Nalar Multikulturalisme. Malang: UMM Press, 2009.

Tahir Budiman, Pendidikan Agama Islam Dalam Prespektif Multikulturalisme. Jakarta: Balitbang Agama, 2009.

Tilaar.H.A.R, Multikulturalisme; Tantangan-tantangan Global Masa Depan Dalam Transformasi Pendidikan Nasional. Jakarta: Grasindo,2004.

Zainuddin. M, “Pluralisme dan Dialog Antarumat Beragama”, dalam al-‘Adalah, Vol 10 No 2 Jember: STAIN Press, 2007.

Zakiyudin Baidhawy, Pendidikan Agama Berwawasan Multikultural. Jakarta: Erlangga, 2005.




DOI: https://doi.org/10.24952/fitrah.v1i2.323

Copyright (c) 2016 FITRAH:Jurnal Ilmu-ilmu Keislaman




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Free counters!