PENINGKATAN HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI MELALUI PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MULTIMEDIA PADA MATERI JUJUR, AMANAH, DAN ISTIQAMAH

Hanri Eko Saputro* -  Teacher of Junior High School 2 Rembang Central Java, Indonesian. Padaran, Kec. Rembang, Rembang Regency, Jawa Tengah 59219, Indonesia

Abstract: Islamic education learning outcomes and optimal character will be the main capital in everyday life. On the other hand the presentation of learning Islamic education and Budi Character assessed tend to be indoktrinatif and not significantly so that the learning is very low. This is evident from the results of the average value of the ability of knowledge of students in the material honest, trustful, Istiqamah only 72.31, completeness percentage of 37.5%, from the observations of the percentage of students who are actively involved in the learning of only 40.63%. This study aims to improve learning outcomes and motivation of students in the material by using multimedia-aided model of Discovery Learning. Of the two cycles are performed in this study showed that the average ability of knowledge of learners into 78.78 in the first cycle and increased again to 84.91 in the second cycle. While the percentage of completeness of learners increased to 68.75% in the first cycle and increased again to 87.5% in the second cycle. Percentage of active participation of students also increased to 46.86% in the first cycle and increased to 84.38% in the second cycle.

 

Keywords : Learning Outcomes, Motivations, Discovery Learning, Multimedia

Abstrak: Hasil belajar pendidikan agama Islam dan mengoptimalkan  pendidikan karakter akan menjadi modal utama dalam kehidupan sehari-hari. Pada sisi lain presentasi pembelajaran pendidikan Agama Islam karakter Budi Pekerti dinilai cenderung indoktrinatif dan tidak signifikan, sehingga pembelajaran sangat rendah. Hal ini terbukti dari hasil nilai rata-rata kemampuan pengetahuan siswa dalam penyelesaian materi tentang jujur, amanah, dan istiqamah memperoleh 72.31, persentase kelengkapan 37.5 %, dari pengamatan persentase siswa yang terlibat secara aktif dalam pembelajaran hanya 40, 63%. Model penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dan motivasi siswa dalam materi jujur, amanah, dan istiqamah dengan menggunakan multimedia dibantu dengan discovery learning. Dari dua siklus yang dilakukan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan rata-rata pengetahuan peserta didik menjadi 78.78 pada siklus I (pertama) dan meningkat lagi menjadi 84.91 pada siklus II (kedua). Sementara persentase kelengkapan peserta didik meningkat menjadi 68.75% pada siklus I dan meningkat lagi menjadi 87.5 pada siklus II.

 

Kata Kunci: Hasil belajar, motivasi, discovery learning, multimedia.

Keywords : Learning Outcomes, Motivations, Discovery Learning, Multimedia

  1. Achmadi, Ideologi Pendidikan Islam: Paradigma Humanisme Teosentris. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2005.
  2. _______, Dekonstruksi Pendidikan Islam Sebagai Subsistem Pendidikan Nasional, dalam Guru Besar Bicara: Mengembangkan Keilmuan Pendidikan Islam. Semarang: RaSAIL Media Group, 2010.
  3. Asri Budiningsih, Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta, 2004.
  4. Departemen Agama RI, Syaamil Al-Quran: Al-Qur’an Terjemah Per Kata. Jakarta: Sygma, 2009
  5. Hamalik Oemar, Psikologi Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo, 1992
  6. Hamruni, Strategi dan Model-Model Pembelajaran Aktif Menyenangkan. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, 2009.
  7. Lexy Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2000.
  8. Muhibbin Syah,. Psikologi Belajar. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2007
  9. Nana Sudjana, Cara Belajar Siswa Aktif Dalam Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru, 2000.
  10. Ngalim Purwanto, Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2002.
  11. Nurhadi, Pembelajaran Kontekstual. Malang: Universitas Negeri Malang, 2004.
  12. Sadiman, dkk, Media Pendidikan. Bandung: Raja Grafindo Persada, 2003.
  13. Slavin, R.E. 2005. Cooperative Learning: Teori, Riset, dan Praktik. Diterjemahkan oleh Nurulita. Bandung: Nusa Media, 2008.
  14. Sumadi Suryabrata, Psikologi Pendidikan. Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2002
  15. Suprayekti. Interaksi Belajar Mengajar. Jakarta: Depdiknas, 2003
  16. Syaiful Bahri Djamarah, Guru dan Siswa dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2000.
  17. Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
  18. Usman, dkk., Upaya Optimalisasi kegiatan Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya, 1993.
  19. Wina Sanjaya, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana, 2008.

Open Access Copyright (c) 2016 Hanri Eko Saputro
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

FITRAH: Jurnal Kajian Ilmu-ilmu Keislaman
Published by Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Institut Agama Islam Negeri Padangsidimpuan, Indonesia
Jl. T. Rizal Nurdin Km. 4,5 Sihitang, Kota Padang Sidempuan
Phone: 0634-22080
Website: http://jurnal.iain-padangsidimpuan.ac.id/index.php/F/
Email: fitrah@iain-padangsidimpuan.ac.id