IMPLEMENTASI MANAJEMEN KEPALA SEKOLAH DALAM PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN ISLAM

SAMSIDAR SAMSIDAR* -  Lecturer of Islamic Studies Faculty, University of Muhammadiyah Tapanuli Selatan Jl. Sutan Muhammad Arief No. 32, Padangsidimpuan, Sumatera Utara, Indonesia

Abstract: School principle is a higher leader in a school. The program of its school and the  successful will be determined by his/her ability in planning, organizing, applying, controlling, and evaluating all arranged program before. It also needs the ability to influence and to mobile others to achieve educational goals freely and voluntary. Furthermore, the school principal is also an educational leader who determine to make decision, to motivate teachers, to give examples, to supervise and provide the teachers’ works. Thus, a school principle must undertstand the management. Management activity of a school principle involves five things; they are planning, organizing, commanding, coordinating, and controlling.

Keywords: Implementation, management, school principal, and Islamic education.

Abstrak: Kepala sekolah adalah pimpinan tertinggi pada organisasi sekolah bersangkutan. Karena itu program lembaga dan keberhasilannya akan ditentukan kemampuan kepala sekolah dalam merencanakan, mengorganisir, mengaplikasikan, mengontrol dan mengevaluasi semua program yang telah dibuat sebelumnya, kemampuan untuk mempengaruhi dan menggerakkan orang lain untuk mencapai tujuan pendidikan secara bebas dan sukarela. Kepala sekolah sebagai seorang pemimpin pendidikan sangat menentukan bagi keberhasilan suatu pengambilan keputusan, memotivasi guru-guru, menampilkan keteladanan, mengawasi dan memberikan penilaian hasil kerja karyawan. Dengan demikian, seorang kepala yang dalam hal ini pemimpin sekolah sangat dituntut untuk memiliki pengetahuan tentang manajemen. Aktivitas manajemen kepala sekolah ini meliputi serangkaian aspek. Aspek-aspek tersebut  meliputi lima tahapan manajemen yaitu: (1) planning (perencanaan), (2) organizing (pengorganisasian), (3) command (memimpin), coordination (pengkordinasian), dan (5) controlling (pengawasan).

Kata kunci: Implementasi, Manajemen, Kepala Sekolah, Pendidikan Islam

Keywords : Implementation, management, school principal, and Islamic education

  1. Enco Mulyasa, Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2002.
  2. ------------, Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2007.
  3. Hadari Nawawi, Administrasi Pendidikan. Jakarta: Jahi Masagung, 1993.
  4. Inu Kencana, Al-Quran dan Ilmu Administrasi. Jakarta: Rineka Cipta, 2000.
  5. Miftah Thoha, Kepemimpinan dalam Manajemen. Jakarta: Raja Grafindo Persada 1995.
  6. Mujamil Qomar, Manajemen Pendidikan Islam. Malang: Erlangga, 2007.
  7. Nanang Fatah, Landasan Manajemen Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2009.
  8. Pandji Aronaga, Manajemen Berbasis Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta, 1997.
  9. Susilo Martayo, Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: BPPFE, 1980.
  10. Syafaruddin, Manajemen Lembaga Pendidikan Islam. Jakarta: Ciputat Press, 2005.
  11. ------------- Kepemimpinan Pendidikan. Jakarta: Quantum Teaching, 2010.
  12. Tim Dosen Administrasi Pendidikan UPI, Manajemen Pendidikan, Bandung: Alfabeta, 2010.
  13. Usman Husain, Manajemen, Teori, Praktek, dan Riset Pendidikan, Edisi 3. Jakarta: Bumi Aksara, 2009.
  14. Wahjosumijo, Kepemimpinan Kepala Sekolah, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2005.
  15. Winardi, Asas-Asas Manajemen. Bandung: Mandar Madju, 1990.

Open Access Copyright (c) 2016 SAMSIDAR SAMSIDAR
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

FITRAH: Jurnal Kajian Ilmu-ilmu Keislaman
Published by Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Institut Agama Islam Negeri Padangsidimpuan, Indonesia
Jl. T. Rizal Nurdin Km. 4,5 Sihitang, Kota Padang Sidempuan
Phone: 0634-22080
Website: http://jurnal.iain-padangsidimpuan.ac.id/index.php/F/
Email: fitrah@iain-padangsidimpuan.ac.id