Submissions

Online Submissions

Already have a Username/Password for FITRAH:Jurnal Kajian Ilmu-ilmu Keislaman?
Go to Login

Need a Username/Password?
Go to Registration

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

 

Author Guidelines

GAYA PENULISAN
FITRAH: Jurnal Ilmu-ilmu Keislaman

SISTEMATIKA TULISAN

Tulisan karya ilmiah yang dimuat pada jurnal Fitrah berupa artikel yang terdiri dari: (1) judul, (2) nama, Afiliasi, dan email penulis, (2) abstrak dan kata kunci, (3) pendahuluan, (4) pasal-pasal pembahasan topik-topik yang terkandung dalam judul, (5) penutup, dan (8) daftar pustaka. Penjelasan untuk masing-masing sub dalam rerangka artikel adalah sebagai berikut.

1.   Judul tulisan: Judul harus menggambarkan pokok masalah yang akan dibahas dan paling banyak 12 kata dengan ukuran  font 13.

2.   Nama tanpa gelar, Pekerjaan/ tepant Tugas Penulis (dengan ukuran font 12), dan email penulis (dengan ukuran Font 11).

3.   Abstrak:

      a.    Bagian ini memuat ringkasan artikel dan berisi ide-ide pokok yang membuat pem-baca tertarik dan berminat untuk membacanya (eye catching), misalnya masalah, temuan dan implikasi.

      b.    Disusun dalam 1 paragraph sebanyak 100 sampai 175 kata dengan menggunakan Bahasa Inggris atau bahasa Arab dan Bahasa Indonesia.

      c.    Disajikan pada bagian awal dengan font  11 Palatino Linotype dengan spasi 1.

      d.    Mencantumkan kata kunci (keywords) di bawah paragraf abstrak sebanyak 2 - 5 kata yang sangat khusus dan sering dipakai dalam artikel.

4.   Pendahuluan: Bagian ini berisi uraian-uraian yang mengantarkan kepada masalah yang akan dibahas dan urgensi masalah tersebut dibahas.

5.   Pembahasan: Bagian ini berisi pasal-pasal yang menguraikan secara sistematis topik-topik atau masalah yang terkandung dalam judul tulisan.

6.   Penutup: Bagian ini merupakan rangkuman pembahasan yang dapat menjadi sebuah tesa atau inti gagasan. Kesimpulan atau penutup ditulis tanpa nomor, dan disajikan dalam bentuk paragraf.

7.   Daftar Pustaka:  Semua kutipan dan rujukan yang digunakan penulis harus disajikan secara konsisten dalam bagian ini.

Penulisan nama penulis dari Indonesia tidak dibalik kecuali nama keluarga dan marga, sedangkan penulisan nama penulis asing ditulis dengan dibalik menurut popularitasnya. Cara penulisannya konsisten dengan kutipan di dalam artikel.

Format penulisan daftar bacaan sesuai contoh sebagai berikut:

 a. Dari Buku oleh Satu Pengarang

    - Bambang Riyanto, Dasar-dasar Pembelanjaan Perusahaan. Edisi Kedua, Yogyakarta: Yayasan Badan Penerbit Gajah Mada, 1984.

    - Indra Bastian,  Akuntansi Sektor Publik: Suatu Pengantar, Jakarta: Erlangga, 2006.

    - Lubis, Usman Pelly, Teori-Teori Sosiologi, Jakarta: Penerbit Gajah Mada, 2010.

b. Dari Buku oleh Dua Pengarang

    - Cohen, Morris R, dan Ernest Nagel, An Introduction to Logic and Scientific Method, New York: Harcourt, Brace & Co. 1939.

     - Abdul Mujib dan Jusuf Mudzakir, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta, Kencana, 2008.

c. Dari Buku oleh Tiga Pengarang atau Lebih

    - R. Sukanto, dkk., Business Forecasting, Yogyakarta: Bagian Penerbitan Fakultas Ekonomi UGM, 1980.

    - Untuk buku yang penulisnya dari Eropa, istilah dkk diganti dengan et. al.

d. Dari Buku oleh Pengarang yang Sama.

    - Van Horne, James C., Financial Management and Policy, Ninth Edition, New Jersey: Prentice-Hall International Editions, 1986.

    - _______,  Fundamentals of Financial Management, Sixth Edition, New Jersey: Prentice-Hall Inc., 1990.

      Garis sebagai pengganti nama pengarang yang telah ditulis sebelumnya sebanyak 7 ketuk.

e. Dari Buku tanpa pengarang

    - Author’s Guide. Englewood Cliffs: Prentice-Hall., 1975.

    - Undang-Undang RI No. 7 tahun 1992 tentang Perbankan.

f. Buku oleh Lembaga, Pemerintah dan Organisasi Lain

   - Hasil-hasil Sidang Umum Majelis Musyawarah Rakyat Sementara RI Ke-4 Tahun 1966.

g. Surat Kabar

    1) Artikel tanpa nama penulis dan judul.

         - Kompas (Jakarta), 28 Pebruari 2005, hlm. 5, kolom 3.

     2) Artikel dengan judul dan nama penulis.

         - Allen, Maury. “A Grwowing Union,” New York Post. March 20, 2008, p. 4, coloum 4

     3) Artikel dengan judul tetapi tanpa penulis.

         - “Terpuruknya Dunia Bisnis Perbankan”, Jawa Pos, 30 September 2008. hlm. 3, kolom.........

     4) Berita.

         - “Wamenag: Pencantuman Agama dalam e-KTP Penting”, Harian Analisa, 4 Januari 2014, hlm. 1, kolom 3-6.

h. Jurnal, Buletin, Majalah dan Penerbitan Berkala.

    -  Irlan Soejono dan A.T. Birowo, “Distribusi Pendapatan di Pedesaan Padi Sawah di Jawa Tengah”, Prisma, Vol..... No..... 1976, hlm. 26-32.

     - Snitzler, James R, “How Wholesalers Can Cut Delivery Costs”, Journal of Marketing, Vol. ..... No..... 1958.: p. 21-28

i.  Hasil Penelitian

   - Faisal Kasryno, dkk., “Perkembangan Institusi dan Pengaruhnya terhadap Distribusi Pendapatan dan Penyerapan Tenaga Kerja: Studi kasus di Empat Desa di Jawa Barat”, Lembaga Penelitian IAIN Bandung, 1981.

j.  Kertas Kerja Diskusi Panel, Seminar, Lokakarya, dan Orasi Ilmiah.

    - M. Damiri. “Perbankan di Indonesia, Suatu Tinjauan Era Deregulasi”, Makalah disampaikan pada ceramah Deregulasi Perbankan di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Perbanas Surabaya, pada tanggal 30 Januari 2013 di Surabaya.

    - Tim Dosen STIE Perbanas Surabaya. “Upaya Pemerataan Pembangunan Melalui Sektor Moneter”, Makalah Pelengkap Seminar Perbankan Surabaya, pada tanggal 08 Desember 2015 di Surabaya..

k. Bahan Tidak Diterbitkan (Mimeographed)

    - “Perkembangan Sektor Pertanian 1971/1972”, Jakarta: Departemen Pertanian. (Mimeographed), 1972.

l. Skripsi, Tesis dan Disertasi

   - Ida Triwahyuni, “Pentingnya Analisis Umur Piutang dalam Hubungannya dengan Pengendalian Outstanding Freight di Divisi Feeder PT. Samudera Indonesia Surabaya”, Skripsi, STIE Perbanas Surabaya. 1994.

m. Artikel dalam Ensiklopedia

     - Banta, Richard E., “New Harmony”, Encyclopedia Britanica, Vol. 16, 1968, p. 305

n. Wawancara

    - Surya Dharma Ali, Menteri Agama RI, Wawancara, Padangsidimpuan, 7 Januari 2014.

o. Observasi.

     - Erawadi, Direktur Program Pasca IAIN Padangsidimpuan, Observasi, Kecamatan Sayurmatinggi, 20 September 2014.

p. Terjemahan dari Pengarang Lain

    -  Klinchin, A.I., Mathematical Foundations of Information Theory, diterjemahkan oleh Silverman, R.A. dan Friedman, M.D. New York: Dover, 1987.

     - Ritzer, George, Sosiologi Ilmu Pengetahuan Berparadigma Ganda, Terjemahan dari Judul Aslinya “Sosiology: a Multiple Paradigm Sciences”, oleh Alimandan, Jakarta, Rajawali Pers, 2009.

p. Internet

    1) Rujukan dari Internet berupa Karya Individual

         -  Donald, P. Harby W Gary, A Study on Agricultural Area Online Journals, 193-1997: “The Poverty among the Rich”, www.soton.ac.uk/study.html, diakses 12 Juni 1998, pukul 13.30 Wib

     2) Rujukan dari Internet berupa Artikel dari Jurnal

         - Hartono, “Peningkatan Kenerrja Buruh Perusahaan Melalui Reward System”, Jurnal Manajemen , (Online), Jilid 7, No. 3, www.malang.ac.id, diakses 10 Mei 2000, puku 13.30 Wib

         Tulisan-tulisan yang diakses dari internet harus dari lembaga resmi, yakni yang memiliki kode ac.id; org.com; sch; com; go.id.; net; edu.

 

FORMAT PENULISAN ARTIKEL

1. Artikel diketik pada kertas A. 4 (210 mm x 297mm).

2. Judul artikel dan identitas penulis [nama, affiliasi (pekerjaaan Penulis),  dan alamat email] ditulis di bagian paling atas. Identitas penulis dicantumkan di bawah judul artikel.

3. Artikel ditulis dengan spasi Exacly 18 huruf Palatino Latype font 11 tidak lebih dari 7.000 kata atau 13 - 18 halaman.

4. Margin atas dan kiri 3 cm, margin bawah dan kanan 2 cm.

5. Kutipan langsung lebih dari tiga setengah baris diketik dengan bentuk indented style (bentuk berinden) dengan spasi 1.

6. Setiap kutipan harus menyebutkan sumber rujukan dalam bentuk Foot Note yang terdiri dari nama penulis, judul buku/jurnal/dokumen, nama kota tempat diterbitkan, nama penerbit, tahun terbit, dan halaman. Nama penulis dari Indonesia tidak perlu dibalik. Penulisan rujukan  yang telah disebutkan sebelumnya, cukup dengan menuliskan nama penulis, potongan judul, dan halaman. Contohnya sebagai berikut.

1. Zakiah Daradjat, Ilmu Pendidikan Islam (Jakarta: Bulan Bintang, 2010), hlm. 10.

2. Ramayulis, Ilmu Pendidikan Islam (Jakarta: Rineka Cipta, 2011), hlm. 15.

3. Zakiah Daradjat, Ilmu Pendidikan ..., 2010, hlm. 14.

4. Ramayulis, Ilmu Pendidikan ..., 2011, hlm. 17.

7. Minimal 60 % dari rujukan yang digunakan berasal dari sumber yang up to date (diterbitkan tidak lebih dari 10 tahun sebelum karya ilmiah disampaikan)

8. Mencantumkan nomor halaman di bagian bawah halaman.

9. Melampirkan Curiculum Vitae penulis di lembar terpisah. Curiculum Vitae memuat alamat rumah dan institusi, nomor telpon yang dapat dihubungi dan nomor telpon institusi, riwayat pendidikan, beberapa judul karya ilmiah dan/atau penelitian terbaru, bidang keahlian/mata kuliah wajib dan mata kuliah yang sering diampu, serta pengalaman jabatan/kerja.

 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. Naskah Artikel Ilmiah harus bebas dari Plagiat, atau belum diterbikan pada jurnal lain
  2. Naskah Artikel Ilmiah berupa Microsoft Word, atau RTF.
  3. Naskah Atikel Ilmiah ditulis dengan spasi Exacly 18,  huruf Palatino Linotype, font 11 tidak lebih dari 7.000 kata atau 14- 16 halaman.
  4. Naskah Atikel Ilmiah telah memiliki Abtrak Bahasa Inggris atau bahasa Arab dan Bahasa Indonesia yang disusun masing-masing dalam 1 paragraph sebanyak 150 sampai 175 kata.

  5. Naskah Atikel Ilmiah telah mematuhi Persyaratan gaya penulisan Naskah yang telah di uraikan pada Author Guidelines yang ditemukan dalam About Jurnal
  6. Sumber rujukan dalam bentuk Foot Note dengan menggunakan System Zotero atau Mendeley.
 

Copyright Notice

COPYRIGHT NOTICE

  1. Seluruh materi yang terdapat dalam situs FITRAH Jurnal Kajian Ilmu-ilmu Keislaman ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting/ Editorial Team FITRAH Jurnal Kajian ilmu-ilmu Keislaman ini.
  2. Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam FITRAH Jurnal Kajian Ilmu-ilmu Keislaman ini yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Priciple Contact.
  3. Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs  jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
  4. Semua Informasi yang terdapat di FITRAH Jurnal Kajian Ilmu-ilmu Keislaman bersifat akademik.
  5. FITRAH Jurnal Kajian Ilmu-ilmu Keislaman tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.

 

FITRAH Jurnal Kajian Ilmu-ilmu Keislaman

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat

Jl. T. Rizal Nurdin Km. 4,5 Padangsidimpuan 22733, North Sumatera, Indonesia

Phone (+62)81260379923, Telp. (0634) 22080, Email: lp2miain.padangsidimpuan@gmail.com

 


OJS and Modified By IAIN Padangsidimpuan