THE RELATIONSHIP BETWEEN UNDERSTANDING NOUN AND MASTERY REPORT TEXT AT GRADE IX MTSN 1 PADANGSIDIMPUAN IN 2014

Ahmad Rifai (IAIN Padangsidimpuan, Indonesia)

Abstract


Penulis mau melihat apakah ada hubungan antara pemahaman tentang noun dan penguasaan terhadap teks report di kelas IX MTSN 1 Padangsidimpuan dalam menganalisis kedua variable, penulis menggunakan metode deskriptif, karena metode ini digunakan untuk mengetahui gambaran fakta apa yang sedang terjadi antara kedua variable. Dan data diperoleh dengan memberikan test kepada siswa-siswi sebagai sample penelitian. Adapun populasi penelitian adalah seluruh kelas IX MTSN 1 Padangsidimpuan pada tahun akademik 2014/2015. Tekhnik penarikan sample dalam penelitian ini adalah random sampling atau acak. Adapun hipotesa penelitian adalah bahwa ada hubungan antara pemahaman noun dan penguasaan teks report siswa kelas IX di MTSN 1 Padangsidimpuan. Untuk mengetahui hasil penelitian penulis menggunakan rumus “r” product moment. Setelah data diolah dan dianalisis, penulis menemukan hasil perhitungan sebanyak 0.435. sementara “r” yang terdapat dalam tabel pada taraf signifikansi 5%  adalah sebesar 0.320. hasil perhitungan lebih besar dibandingkan nilai yang ada dalam tabel correlasi. Jadi dapat disimpulkan bahwa hipotesa diterima atau dapat dikatakan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara pemahaman noun dengan penguasaan teks report. Akhirnya dapat disimpulkan bahwa apabila siswa/i memahami noun dengan baik, maka mereka akan semakin mudah menguasai teks report.


Keywords


The Relationship, Understanding Noun, Report Text Mastery

Full Text:

PDF

References


Anas Sudijono, Pengantar Statistik Pendidikan, Jakarta: Rajawali Press, 2009

Burhan Bungin, Metodologi Penelitian Kuantitatif, Jakarta: Kenvana, 2010

Departemen Pendidikan Nasional, Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, 2004

Fauzan Al-Rasyid, Comprehensive English Grammar Preparation for Toefl, Jakarta: Kesaint Blanc, 2009

Hottben D. Lingga, Intisari Tata Bahasa Inggris Kontemporer, Bekasi: Visipro, 2003

Jhon S. Hartanto, Accurate, Brief and Clear English Grammar, Surabaya: Indah, 2003

KTSP, Model Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mata Pelajaran Bahasa Inggris, smp/mtS, Jakarta: 2007

Mann Robyn, Step A Head 4, Bandung: Pan Pacific Publication, 2007

M. Iqbal Hasan, Pokok-pokok Materi Penelitian dan Aplikasinya, Bogor: Ghalia Indonesia, 2002

Muhammad Taufik Faizal, Ringkas dan Praktis Bahasa Inggris untuk Pemula, Jakarta: Gemagung, 2003

Otong Setiawan Djuharie, Genre dilengkapi 700 Soal Uji Pemahaman, Bandung: Yrama Widya, 2008

Pardiyono, Pasti Bisa Teaching Based Writing, Yogyakarta: Andi, 2007

Ridwansyah, Mastering English Grammar, Jakarta: Puspa Swara, 2006

Rudi Hartono, Genre of Text English Department Faculty of Language and Art, Semarang: State University, 2005

Sugiono, Metode Penelitian Administrasi, Bandung: Alfabeta, 2002

Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta, 2006

Suharsimi Arikunto, Manajemen Penelitian, Jakarta: Rineka Cipta, 2009




DOI: https://doi.org/10.24952/ee.v3i01.1285

Refbacks

  • There are currently no refbacks.





English Education: English Journal for Teaching and Learning

Tadris Bahasa Inggris Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan

UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan 

ISSN Print : 2338-8781 ISSN Online :  2579-4043

Jl. T. Rizal Nurdin Km. 4,5 Sihitang Padangsidimpuan Sumatra Utara 22733 Indonesia

Phone: 0634-22080 Fax: 0634-24022

Email: englishjournal@uinsyahada.ac.id


Flag Counter View My Stats