THE EFFECT OF VENN DIAGRAM STRATEGY TO STUDENTS READING COMPREHENSION ABILITY AT EIGHT GRADE OF SMP SWASTA NURUL ILMI PADANGSIDIMPUAN

Sri Rahmadhani Siregar (IAIN Padangsidimpuan, Indonesia)

Abstract


Penelitian ini difokuskan pada masalah siswa dalam kemampuan membaca teks Bahasa Inggris. Masalah  yang dihadapi siswa adalah memahami kosa kata sulit dalam yang terdapat pada teks Bahasa Inggris. Selain itu, mereka juga kesulitan mengidentifikasi tata bahasa dan karakteristik teks yang dibaca. Penelitian ini adalah penelitian eksperiment. Populasi nya adalah semua siswa di kelas delapan SMP Swasta Nuril Ilmi Padangsidimpuan tahun akademik 2017/2018. Sample yang diambil adalah berjumlah enam puluh dua orang yang dibagi ke dalam kelas control dan kelas eksperiment. Data dikumpulkan melalui pre-test dan post-test dalam bentuk tes pilihan berganda. Data dianalisis menggunakan rumus t-tes untuk membuktikan hypothesis. Hasil dari penelitian ini menunjukkan penghitungan t-tes pada post – test 3.408 dengan sig 2.00. Dengan demikian hypothesis diterima karena tcount > ttable yaitu 3.408 > 2.00. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan Venn diagram terhadap kemampuan membaca siswa kelas delapan SMP Swasta Nurul Ilmi Padangsidimpuan.   

 


Keywords


venn diagram, kemampuan membaca

Full Text:

PDF

References


Gay, L.R and Peter Airaisan. 1992. Educational Research for Analysis and Aplication,America: Prectice Hall.

Jones, Jeremy. Teaching with the Brain in Mind “ What Hula Hoops and Venn Diagram have in Common. Articles. http://home.att.net/~teaching/graporg.htm. (09th September 2010.

J, O’Malley., Michael and Pierce. Authentic Assessment for English Language Learners. (New York: Wesley Publishing Company, 1996

Klingner, Janette. Et al. 2007. Teaching Reading Comprehension to Students with Learning Difficulties. New York: The Guilford Press.

Pardiyono. 2007. Teaching Genre Based Writing. Yogyakarta: Andi Offset.

Richards, J.A. and Renandya, W.A. 2004. Methodology in Language Teaching, An Anthology of Current Practice. USA: Cambridge Universiti Press.

Sam, Praveen D., & Rajan, Premalatha. Using Graphic Organizers to Improve Reading Comprehension Skills for the Middle School ESL Students. English Language Teaching.

Ur, Penny. 1991. A course in Language Teaching Practice and Theory. Cambridge: Cambridge University Press.

Venn, John .The Diagrammatic and Mechanical Representation of Propositions: Philosophical Magazine and Journal of Science.5 10 19.




DOI: https://doi.org/10.24952/ee.v6i1.1217

Refbacks

  • There are currently no refbacks.





English Education: English Journal for Teaching and Learning

Tadris Bahasa Inggris Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan

UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan 

ISSN Print : 2338-8781 ISSN Online :  2579-4043

Jl. T. Rizal Nurdin Km. 4,5 Sihitang Padangsidimpuan Sumatra Utara 22733 Indonesia

Phone: 0634-22080 Fax: 0634-24022

Email: englishjournal@uinsyahada.ac.id


Flag Counter View My Stats