PHASAL REALIZATIONS IN CLASSROOM DISCOURSE A Systemic-Functional Analysis

Fatma Raudhah ()

Abstract


Masalah yang diteliti dalam jurnal ini adalah (1) realisasi fasa (phasal realizaliations) dalam wacana kelas dihubungkan dengan jenis pola fasa dan sub-fasa, (2) cara guru merealisasikan fasa dan sub-fasa dalam wacana kelas, dan (3) realisasi leksika-gramatika dalam wacana kelas dihubungkaitkan dengan fasa dan sub-fasa. Kajian ini berasaskan data dimana bahan-bahan dipilih sebagai data kajian. Pendekatan kajian ini bersifat kualitatif-deskriptif dengan pemerhatian sebagai kaedah kajian. Subjek penelitian adalah 4 orang guru BahasaInggris.4 wacana kelas-dalam-teks (Classroom discourse-in-text) dipilihsebagai data. Pengumpulan data dibuat melalui rekaman audio-visual dan transkripsi. Data dianalisis menggunakan kaedah analisis model Young. Instrument utama kajian adalah peneliti sendiri. Instrumen sekunder adalah (1) skema klasifikasi aspek-aspek semiotic yang menjadi tumpuan kajian, (2) lembaran-lembaran data mengandung 4 wacanakelas-dalam-teks, dan (3) catatan-catatan pada setiap proses pembelajaran-dalam-teks. Penemuan kajian ini menunjukkan bahwa pada keseluruhannya, wacana kelas-dalam-teks (Classroom Discourse-in-texts) lazimnya dicirikan oleh: (1) fungsi makro yang paling utama adalah Pembuktian (SU) manakala Kesimpulan (CO) yang paling kurang menonjol, (2) fungsi mikro paling utama adalah Pertukaran (IC) dan Permintaan maaf (AP) yang paling kurang ketara. Corak fungsi-mikro memamerkan perubahan yang dinamik, sementara corak fungsi-mikro menunjukkan bagaian yang amat dinamik.


Keywords


Classroom Discourse, Phrasal Analysis, Phase

Full Text:

PDF

References


Bogdan, R.C and S.K Biglen (1992). Qualitative Research for Education. Syracuse University. United State of America. Allyn and Bacon

Gregory, M. & Carrol, S. (1978). Language and Situation: language varieties and their social contexts, Routledge & Kegan Paul, London.

Gregory, M. (2002) Phasal Analysis within Communication Linguistics: Two Contrastive Discourses. In Relations and Functions Within and Around Language, ed. by P. H. Fries, M. Cummings, D. Lockwood, and W. Spruiell. London: Continuuum, 316-345.

Halliday, M. A. K. ( 1985). An Introduction to Functional Grammar, 1st edition, Edward Arnold, London.

Halliday, M. A. K. (1993). Language in A Changing World: A series of Three Papers, Occasional Paper No. 13, Applied Linguistics Association of Australia (ALAA) & National Languages and Literacy Institute of Australia, Deakin, ACT 2600.

Halliday, M.A.K. (1994) An Introduction to Functional Grammar (2nd Edition). London: Edward Arnold.

Halliday, M. A. K. & Hasan, R. (1985). Language, Context, and Text: aspects of language in a social-semiotic perspective, 1st edition, Deakin University Press, Victoria.

Hasan, R. (1978). “Text in the Systemic-Functional Model”, in Dresseler, W.U, Current Trends in Text Linguistics, Walter de Gruyter, Berlin & New York, pp. 228-246.

King, A. J. (2003). A Conversation Analytic / Empirical Pragmatic, University of Durham Department of Linguistics and English Language, 2004.

Malinowski, B. (1965). Coral Gardens and Their Magic; a study of the methods of tilling the soil and agricultural rites in the Trobriand Island, Vol. 2, George Allen & Unwin Ltd., London.

Miles and Huberman. (1994). Qualitative Data Analysis. California: SAGE

Martin, J. R. (1992). English Text: System and Structure, John Benjamins Publishing Company, Philadelpia & Amsterdam.

Martin, D. (2003). An article: “ How to be a good teacher”, Harvard University.

Sinar, T. S. (2007). Phasal and Experiential Realizations in Lecture Discourse: A Systemic – Functional Analysis. Kopertis Wilayah I Sumut-NAD, Medan.

Young, L. (1990). Language as Behaviour, Language as Code: a study of academic English, John Benjamins Publishing Company, Amsterdam & Philadelpia.

Young, L. (1994) University lectures macro structure and micro-features. In Flowerdew, J. (Ed.) Academic Listening: Research Perspectives, Cambridge University Press: Cambridge pp 159-176.




DOI: https://doi.org/10.24952/ee.v3i02.1210

Refbacks

  • There are currently no refbacks.





English Education: English Journal for Teaching and Learning

Tadris Bahasa Inggris Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan

UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan 

ISSN Print : 2338-8781 ISSN Online :  2579-4043

Jl. T. Rizal Nurdin Km. 4,5 Sihitang Padangsidimpuan Sumatra Utara 22733 Indonesia

Phone: 0634-22080 Fax: 0634-24022

Email: englishjournal@uinsyahada.ac.id


Flag Counter View My Stats