IMPROVING STUDENTS’ ABILITY IN WRITING PROCEDURE TEXT BY USING REALIA

Maryati Salmiati

Abstract


Menulis teks merupakan salah satu ketrampilan dalam pembelajaran bahasa Inggris di tingkat Sekolah Menegah Atas. Dalam tulisan ini penulis menjelaskan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan di MAN 1 Medan, dengan menggunakan Realia dalam meningkatkan kemampuan menulis procedure text. Realia adalah benda yang nyata dan barang barang yang dapat dibawah ke ruangan kelas sebagai contoh atau alat bantu yang dapat digunakan guru untuk membantu menjelaskan materi pembelajaran. Dalam penelitian tindakan kelas ini di dapatkan hasil penggunaan relia dapat menciptakan kehangatan, dan antusias murid dalam menulis procedure text, dengan melakukan 2 cycle ditemukan bahwa relia dapat meningkatkan kemmapuan menulis procedure text.


Keywords


realia, Procedure Text dan Penelitian Tindakkan Kelas.

Full Text:

PDF

References


Adrienne and Jordan, Fifty Strategies for Teaching English Language Learners, New Jersey: Pearson Education, 2004.

Anderson, Mark and Kathy Anderson, Text Types in English 1, South Yarra: MacMillan Education Malaysia, 1997.

Arikunto, Suharsimi, Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2008.

Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2006.

Chandler, Daniel, 'An Introduction to Genre Theory', 1997. URL (online) http://www.aber.ac.uk/media/Documents/intgenre.html.

Dewi, Utami, How to Write, Medan: La - Tansa Press, 2010.

Harmer, Jeremy, The Practice of English Language Teaching, Malaysia: Longman, 2002.

Hartono, Rudi, Genres of Text, Semarang: UNNES, 2005.

Hidayati, Nuria Ulfi, Improving Studens’ Ability in Writing Procedure text Using Realia (A Classroom Action Research with Students of Grade VIIG at SMP N 18 Semarang in the Academic Year of 2010/2011), 2009, (Unpublished Thesis Semarang: IAIN Walisongo Semarang).

Hornby, A. S, Oxford Advanced Learners’ Dictionary, New York: Oxford University Press, 1987.

Khan, Muhammad Muhsin and Muhammad Tagi-ud-Din Al-Hilali, Interpretation of the Meanings of The Noble Qur’an in the English Language, Riyadh Saudi Arabia: Dar-us-Salam Publications, 1999.

Linse, Caroline T, Practical English Language Teaching, Young Learners. New York: McGraw-Hill, 2006.

Marrier, Lisa Schwimmer, Realia: Making Language Real, Berkeley: Primary Concepts, 2007.

Pardiyono, Pasti Bisa,Teaching Genre-Based Writing, Yogyakarta: C. V. Andi Offset, 2007.

Purwanto, M. Ngalim, Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran, Jakarta: PT. Remaja Rosdakarya, 1984.

Richards, Jack C, Professional Development for Language Teachers strategies for teacher learning, New York: Cambridge University press, 2005.

Sudjana, Metoda statistika, Bandung: PT. Tarsito Bandung, 2001.

Suparno, Paul, Action Research: Riset Tindakan Untuk Pendidik, Jakarta: Grasindo, 2008.

Suharsih, Siti and Aisyah Hamidiah, Realia: The Effective Media for Teaching English for EYL, p. 9, (http://eprints.umk.ac.id/340/3/PROCEEDING TEYLIN_2.12-20.pdf) Accessed On Apr, 7th 2015 at 04.36 p.m.

Yazid, Mahmud Y. The Quran, An English Translation of The Meaning of The Quran, Beirut: Dar Al Chopro, 1980.

Wijaya, Chandra dan Syahrum, Penelitian Tindakan Kelas: Konsep dan Penerapannya dalam Ruang-ruang Kelas, Medan: La-tansa Press, 2012.

http://EzineArticles.com/?expert=Crish_Soames (accessed on Jan 29, 2015 at 09.32 p.m)

http://iteslj.org/Articles/Smith-Realia.html?ref=Guzels.TV (accessed on Jan 29, 2015 at 08.39 pm)




DOI: https://doi.org/10.24952/ee.v3i02.1207

Refbacks

  • There are currently no refbacks.





English Education: English Journal for Teaching and Learning

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan

Institut Agama Islam Negeri Padangsidimpuan

ISSN Print : 2338-8781 ISSN Online :  2579-4043

Jl. T. Rizal Nurdin Km. 4,5 Sihitang Padangsidimpuan Sumatra Utara 22733 Indonesia

Phone: 0634-22080 Fax: 0634-24022

Email: englishjournaltbi@gmail.com


Flag Counter