Priming Model of Words Comprehension in Second Language Acquisition

Sokhira Linda Vinde (, Indonesia)

Abstract


Penelitian ini mengacu pada penguasaan kosa kata dalam pemerolehan bahasa asing. Penelitian ini khusus menginvestigasi penggunaan Priming Model (menjelaskan suatu kata melalui contoh-contoh dan penjelasan yang dekat dengan konteks kata) dari peguasaan kata. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana penguasaan kata-kata melalui Priming Model dan pengaruh dari  Priming Model terhadap penguasaan kosa kata siswa. Selanjutnya, penelitian ini mengacu pda pendekatan qualitatif dan pendekatan eksperimental yang khusus menelusuri fenomena dari bagaimana siswa memperoleh bahasa dan memahami kata dengan menggunakan Priming Model. Lalu, responden-responden merupakan siswa yang dikategorikan sebagai siswa dengan pengetahuan rendah tentang materi bahasa inggris yang telah belajar dari Sekolah Menengah Pertama (SMP) hingga Sekolah Menengah Atas (SMA), sedangkan responden lainnya yaitu siswa yang pengetahuannya dikategorikan high profeciency, sebab mereka telah belajar materi bahasa inggris hingga duduk dibangku kuliah. Lebih lanjut, dalam pengumpulan data, test sangatlah diperlukan. Tes disini merukan tes tertulis dan lisan terhadap dua kategori responden. Hasilnya, diketahui bahwa Priming Model membantu siswa menganalisa dan memahami kata dengan mudah secara konteks dan teks dalam pembelajaran pemerolehan bahasa.


Keywords


Priming Model, Word Comprehension, dan Second Language Acquisition

Full Text:

PDF

References


Cherry Kandra. 2012. Priming and Decision Making. PrimingandDecision Making_SchoolTutoring.com.htm. Accessed on 20 December 2012.

Gulan, T and Pavle Valerjev. 2010. Semantic and Related Types of Priming as a Context in Word Recognition. Review of Psychology, Vol 17, No 1, 53-58.

Harley, T. (2001). Psychology of Language: From Data to Theory. Psychology Press Ltd., New York.

Jacoby, L. L. (1983). Perceptual enhancement: Persistent effect of an experience: Journal of Experimental Psychology: Learning, Memory, and Cognition, 15, 930-940.

Joklova, K. (2009). Using Pictures in Teaching Vocabulary. Retrieved on February,15,2013fromhttp://docs.google.com/viewer?a=v&q=cache:RM NnBmVtlCYJ:is.muni.cz/th/123676/pedf_b/.

Khodareza & Komachali, E. (2012). The Effect of Using Vocabulary Flashcard on Iranian on Iranian Pre-University Students’ Vocabulary Knowledge. Canadian Center of Science and Education Journal, 5 (3): 134-147.

Meyer, D. E., & Schvaneveldt, R. W. (1971). Facilitation in recognizing pairs of words: Evidence of dependence between retrieval operations. Journal of Experimental

Psychology, 90, 227-23.

Wikipedia. 2012. Priming (Psychology). Accessed on December 20 2012.

Zeelenberg, Rene. at all. 2003. Semantic Context Effects and Priming in Word Association. Pcychonomic Bulletin and Review, 10 (3), 653-660




DOI: https://doi.org/10.24952/ee.v3i02.1205

Refbacks

  • There are currently no refbacks.





English Education: English Journal for Teaching and Learning

Tadris Bahasa Inggris Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan

UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan 

ISSN Print : 2338-8781 ISSN Online :  2579-4043

Jl. T. Rizal Nurdin Km. 4,5 Sihitang Padangsidimpuan Sumatra Utara 22733 Indonesia

Phone: 0634-22080 Fax: 0634-24022

Email: englishjournal@uinsyahada.ac.id


Flag Counter View My Stats