TRANSACTIONAL STRATEGIES INSTRUCTION TO STUDENTS WITH LEARNING DIFFICULTIES IN READING COMPREHENSION

Sri Rahmadhani Siregar (IAIN Padangsidimpuan, Indonesia)

Abstract


Reading Comprehension adalah suatu proses pemahaman terhadap wacana tulis yaitu teks. Siswa dengan kesulitan membaca membutuhkan strategi yang dapat mempermudah untuk memahami makna dalam teks. Transactional Strategy Instruction adalah strategi yang cukup baik untuk mengatasi siswa dengan kesulitan belajar (learning difficulties) karena strategi ini memiliki beberapa tahapan dalam implementasinya. Pertama, pembaca menafsirkan teks melalui pengalaman pribadi mereka sendiri dan pengetahuan sebelumnya; selain itu guru harus membantu pembaca untuk kembali ke bacaan, memahami kembali dan menikmati pengalaman mereka dalam belajar. Tahap kedua belajar transaksional dapat dicapai melalui diskusi kelompok di mana siswa akan diajak untuk membuat laporan dari teks yang mereka baca sebelumnya. Transactional Strategy Instruction juga menekankan kemampuan guru untuk memberikan penjelasan eksplisit dan memfasilitasi diskusi siswa di mana siswa bekerja sama untuk membentuk interpretasi dan pemahaman bersama dari teks.


Keywords


Transactional Strategy Instruction, Reading Comprehension, Learning Difficulties

Full Text:

PDF

References


Casteel, C. P., Isom, B. A., & Jordan, K. F. 2000. Creating confident and competent readers: Transactional strategies instruction. Intervention in School and Clinic,.

Irwin, J.W. 1991. Teaching Reading Comprehension Processes. Englewood Clifts. NJ: Prentice Hall.

Klingner, Janette. Et al. 2007. Teaching Reading Comprehension to Students with Learning Difficulties. New York: The Guilford Press.

McWhorter, Kathleen T. 1992. Efficient and Flexible Reading 3rd Edition. New York: HarperCollins Publishers Inc.

Oka, Djoehana. 2004. Advanced Reading. Jakarta: Pusat Penerbitan Ilmu Terbuka.

O’Malley, J. Michael and Pierce. 1996. Authentic Assessment for English Language Learners. New York: Wesley Publishing Company.

Pressley, M., Hogan, K., Wharton-McDonald, R., & Mistretta, J. 1996. The challenges of instructional scaffolding: The challenges of instruction that supports student thinking. Learning Disabilities Research and Practice, 11, 138–146.

Reutzel, D.R. Emma Eccles Jones Center for Early Childhood Education. Utah State University: Logan, UT.

Richards, J.A. and Renandya, W.A. 2004. Methodology in Language Teaching, An Anthology of Current Practice. USA: Cambridge Universiti Press.

Ur, Penny. 1991. A course in Language Teaching Practice and Theory. Cambridge: Cambridge University Press.




DOI: https://doi.org/10.24952/ee.v4i01.1193

Refbacks

  • There are currently no refbacks.





English Education: English Journal for Teaching and Learning

Tadris Bahasa Inggris Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan

UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan 

ISSN Print : 2338-8781 ISSN Online :  2579-4043

Jl. T. Rizal Nurdin Km. 4,5 Sihitang Padangsidimpuan Sumatra Utara 22733 Indonesia

Phone: 0634-22080 Fax: 0634-24022

Email: englishjournal@uinsyahada.ac.id


Flag Counter View My Stats