PHONOLOGICAL PROCESSES IN LANGUAGE ACQUISITION BY CHILDREN OF THREE YEARS OLD

Happy Sri Rezeki (IAIN Padangsidimpuan, Indonesia)

Abstract


Pemerolehan bahasa merupakan salah satu tanda dari kebesaran Allah SWT yang membedakan manusia dengan mahluk ciptaan Allah SWT yang lainnya. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses penyerapan fonologi Bahasa Indonesia oleh anak Indonesia berusia tiga tahun berdasarkan sumber ilahi dan sumber insani. Penelitian ini merupakan penelitian Observasional Case Study, dan observasi dilakukan selama kurang lebih tiga bulan dengan bantuan dan dampingan dari orangtua subjek (anak Indonesia usia 3 tahun). Dalam proses pemerolehan fonologi anak Indonesia terhadap Bahasa Indonesia terdapat juga sebuah fenomena yang dikenal sebagai Fis Phenomenon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketiga subjek penelitian yaitu R, A, F mengalami phenomena tersebut dan khusus dalam proses pemerolehan fonologi ketiga subjek kesulitan dalam pemerolehan suara [r].


Keywords


Phonological Process, Language Acquisition

Full Text:

PDF

References


Badriah, N. Vocabulary Acquisition of Male and Female Children. Graduate U University of Medan. 2003.

Clark, E.V. First Language Acquisition. Cambridge University Press, 2003.

Dardjowidjojo, S. ECHA: Kisah Pemerolehan Bahasa Anak Indonesia. Jakarta. PT. Grasindo Jaya, 2000.

¬_____________________. Psikolinguistik, Pengantar Pemahaman Bahasa Manusia. Jakarta. Unika Atmajaya, Yayasan Obor Indonesia, 2003.

Departemen Agama, Alquran dan Terjemahan, Cet.Kesepuluh, Bandung: Diponegoro, 2010.

Gleason, J.B and Ratner, N.B. Psycholinguisitcs. Orlando: Harcout Brace College Publisher. 1998.

Ingram, D. First Language Acquisition: Methods, Description and Explanation. New York. Cambridge University Press, 1989.

Paivio, A and Begg, I. Psychology of Language. New Jersey: Prentice-Hall Inc. 1981.

Roach, P. English Phonetics and Phonology. Cambridge University Press. 2002.

Silitonga, M. English Phonemics and Phonology. Medan. State University of Medan, 2004.

Sibarani, B. Qualitative Research in Linguistics and Language Teaching. Graduate University of Medan, 2004.

Spencer, Christoper and M.Blades, Children and their Environments. New York. Cambridge University Press, 2006.

Sugeno, D. Berbahasa Indonesia dengan Benar. Cetakan ke-5. Jakarta Puspa Suara, 1971.

www.google.com, from: http//www.speech-language development.com. Phonological Processes Affect Entire Class of Sounds, accessed on August, 18th, 2015.

www.google.com,. Massucci. 2004. from: http//www.google.com. Phonological Processes. accessed on September, 20th, 2015.




DOI: https://doi.org/10.24952/ee.v4i01.1190

Refbacks

  • There are currently no refbacks.





English Education: English Journal for Teaching and Learning

Tadris Bahasa Inggris Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan

UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan 

ISSN Print : 2338-8781 ISSN Online :  2579-4043

Jl. T. Rizal Nurdin Km. 4,5 Sihitang Padangsidimpuan Sumatra Utara 22733 Indonesia

Phone: 0634-22080 Fax: 0634-24022

Email: englishjournal@uinsyahada.ac.id


Flag Counter View My Stats