SELF-CONCEPT AND ACADEMIC PERFORMANCE

Liah Rosdiani Nasution (IAIN Padangsidimpuan, Indonesia)

Abstract


Artikel ini berusaha untuk melihat hubungan antara konsep diri siswa dan performa akademis siswa dan bagaimana hal itu mempengaruhi dan menentukan prestasi akademik siswa dengan menyelidiki tiga artikel penelitian yang melaporkan hubungan antara konsep diri siswa dan pertunjukan akademis. Artikel pertama oleh DeFreitas dan Rinn (2013) meneliti peran konsep diri dalam prestasi akademik dan penelitian kedua yang dilakukan oleh Zahra, Manzoor & Yousuf (2010) membahas topik yang sangat mirip dengan tiga ranah konsep diri siswa. yang merupakan konsep diri akademik, fisik dan sosial menemukan bahwa konsep diri secara langsung mempengaruhi prestasi akademik siswa. Akhirnya, artikel jurnal ketiga yang dilakukan oleh Drysdale dan Milne (2004) mengeksplorasi perbedaan gender dalam konsep matematika dan verbal dan dampak yang mereka dapatkan terhadap prestasi akademik siswa juga yang pada dasarnya menemukan temuan serupa juga. Dengan pemikiran ini, perlu digarisbawahi bahwa walaupun ada beberapa variabel lain yang menentukan kinerja akademis siswa, data tersebut menunjukkan bahwa ini adalah tingkat konsep diri yang dimiliki seorang siswa yang memprediksi hasil selanjutnya dalam kinerja akademisnya. Semakin positifnya, semakin baik performa akademisnya, dan sebaliknya. Dari temuan ini, sangat penting bagi orang tua, guru, pembuat kebijakan, dan semua pihak yang terlibat dalam hal ini untuk menekankan perkembangannya pada siswa mereka dan orang-orang yang berkepentingan dengan metode yang tepat. Sebagai salah satu isu paling serius yang menyerang peserta didik saat ini, mungkin, memberikan perhatian khusus pada isu konsep diri yang rendah dapat membantu menjawab pertanyaan yang kita miliki tentang prestasi akademis siswa kita.


Keywords


Self-Concept, Academic Performance, Gender Differences

Full Text:

PDF

References


Abd El Aziz Rady, Hanan Ebrahim., Kabeer, Shabana., El-Nady, Mona T. (2017). Relationship between Academic Self-Concept and Students’ Performance among School Age Children. American Journal of Nursing Science, 5, 2016, 295-302.

Bandura, A. (1977). Social learning theory. Englewood Cliffs, NJ: Prentice Hall.

Bronfenbrenner, U. (1979). The ecology of human development. Cambridge, MA: Harvard University Press.

Bruning, Schraw, & Norby. (2011). Belief about self. In. Cognitive Psychology and Instruction. (5th Edition).

De Freitass, S. C., & Rinn, A. (2013). Academic achievement in first generation college students: The role of academic self-concept. Journal of the Scholarship of Teaching and Learning, 13,57-67.

Doodman, Parvaneh., Zadeh, Mojgan Amirian., Changizi, Bahador. (2017). Study the Relationship between Self-Esteem and Academic Achievement among High School Students in Lamerd City. International Journal of Scientific Study, 5, 221-226.

Drysdale, M. T. B & Milne, S. (2004). Gender Differences in Math and Verbal Self-Concept and the Impact on Academic Achievement. Self-Concept and Achievement, 1-14.

Franken, R. (1994). Human Motivation (3rd ed.). Pacific Grove, CA: Brooks/Cole

Publishing Co.

Kohut, H. (1977). The restoration of the self. Madison, CT: International Universities Press, Inc.

Kumari, Archana., Chamundeswari, S. (2013). Self-concept and academic achievement of students at the higher secondary level. Journal of Sociological Research, 4, 105-113.

Laryea, Jhon Ekow., Saani, Abdul-Jaleel., Dawson-Brew, Emma. (2014). Influence of students’ self-concept on their academic performance in the Elmina Township. European Journal of Research and Reflection in Educational Sciences, 2, 1-10.

Mboya, M. (1989). The Relative Importance of Global Self-Concept and Self- Concept of Academic Ability in Predicting Academic Achievement. Adolescence, 93, 39-45.

Powell, K.C. (2009). The Role of Concept of Self and Societal Expectations in Academic and Career Achievement. Journal of Adult Education, 38, 32-40.

Shavelson, R. J., J. J. Hubner, and G. C. Stanton. 1976. Validation of Construct Interpretations. Review of Educational Research. 46, 407-441.

Skaalvik, E. (1994). Attribution of perceived achievement in school in general and in math and verbal areas: Relations with academic self-concept and self- esteem. British Journal of Educational Psychology, 64, 133-143.

Vygotsky, L. (1962). Thought and language. Cambridge, MA: MIT Press.

Zahra, A. T., Manzoor, H. A., Yousuf, M. I. (2010). Relationship of Academic, Physical and Social Self-Concepts of Students with Their Academic Achievement. Contemporary Issues in Education Research,3, 73-78.




DOI: https://doi.org/10.24952/ee.v5i2.1183

Refbacks

  • There are currently no refbacks.





English Education: English Journal for Teaching and Learning

Tadris Bahasa Inggris Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan

UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan 

ISSN Print : 2338-8781 ISSN Online :  2579-4043

Jl. T. Rizal Nurdin Km. 4,5 Sihitang Padangsidimpuan Sumatra Utara 22733 Indonesia

Phone: 0634-22080 Fax: 0634-24022

Email: englishjournal@uinsyahada.ac.id


Flag Counter View My Stats