A Review of Studies Dealing with the Vocabulary Acquisition and its Relation to the Age

Fitri Rayani Siregar (IAIN Padangsidimpuan, Indonesia)

Abstract


Pemerolehan bahasa, khususnya pemerolehan kosakata telah diteliti dan ditulis secara ekstensif selama bertahun-tahun. Kosakata atau yang lumrah didunia diperbincangkan disebut vocabulary merupakan himpunan kata yang dimiliki oleh seseorang atau entitas lain, atau merupakan bagian dari suatu bahasa tertentu. Kosakata seseorang didefinisikan sebagai himpunan semua kata-kata yang dimengerti oleh orang tersebut atau semua kata-kata yang kemungkinan akan digunakan oleh orang tersebut untuk menyusun kalimat baru. Kekayaan kosakata seseorang secara umum dianggap merupakan gambaran dari intelejensia atau tingkat pendidikannya. Penambahan kosakata seseorang secara umum dianggap merupakan bagian penting, baik dari proses pembelajaran suatu bahasa ataupun pengembangan kemampuan seseorang dalam suatu bahasa yang sudah dikuasai. Lalu, bagaimana sebenarnya pengaruh pemerolehan kosakata terhadap usia? Jawaban tepatnya adalah dengan mengkaji dan menelaah beberapa penelitian-penelitian terdahulu, dipahami bahwa siswa pada usia remaja lebih cepat menangkap bahasa terlebih pada kosakata, sebab siswa dapat menangkap sesuatu hal yang baru ia dapat secara spontan. Terakhir, hasil dari teori yang didapat mengenai pemerolehan kosa kata kedua digunakan sebagai teori fundamental bagi para guru bahasa. Teori tersebut digunakan untuk menemukan efektifitas pembelajaran. Dalam hal ini pendidik dapat menciptakan inovasi strategi pengajaran yang sesuai dengan pembelajaran kosakata dan hubungannya dengan usia anak didiknya.


Keywords


Pemerolehan Kosa Kata & Usia (Aging)

Full Text:

PDF

References


A. Tozcui and J. Coady, “Successful Learning of Frequent Vocabulary through CALL also Benefits Reading Comprehension and Speed”, (Computer Assisted Language Learning, 17 (5), 2004).

C. Iheanacho, “Effects of two multimedia computer-assisted language learning programs on vocabulary acquisition of intermediate level ESL students”, (Ph.D) Dissertation: The Virginia Polytechnic Institute and State University, 1997).

David Singleton, “Age and the Acquisition of English as a Foreign Language”, 2003.

Ellis, N., “Vocabulary acquisition: The Implicit ins and outs of Explicit Cognitive Mediation”, 1994, In N. C. Ellis (Ed.), Implicit and explicit learning of languages (pp. 211-282). London: Adademic Press.

I.S.P. Nation, Teaching and Learning Vocabulary, (Boston: Heinle and Heinle Publishers, 1990).

Jr. Robert E. Owens, Language development: An introduction (fourth edition), (Boston, MA: Allyn and Bacon, 1996.

Keith S. Folse, Myths about Teaching and Learning Second Language Vocabulary: What Recent Research Says, (TESL Reporter 37:(2), 2004).

Knight, “Dictionary Use while Reading: The Effects on Comprehension and Vocabulary Acquisition for Students of Different Verbal Abilities”, The Modern Language Journal, 78.

Krashen, D.S. Long, M.A. and Scarcella, R. C., (1979). Age, rate and eventual attainment in second language acquisition. TESOL Quarterly, 13(4), 573-582. Retrieved April 21, 2009 from http://www.jstor.org/stable/3586451.

L. R. Gay and Peter Airasian, Educational Research: Competence for Analysis & Application, USA: Prentice Hall, 2000.

Lexy J. Maleong, Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosda Karya Offset, 1999.

Ludo Beheydt, The Semantization of Vocabulary in Foreign Language Learning, (System 15(1)).

Ricardo Schutz, “Stephen Krashni's Theory of Second language Acquisition”, (Online. 30 de janerode 2006), p.12, (http://www.sk.com.br/sk-krash.html

Rymer, Genie: an abused child’s flight from silence, (New York: Harper Collins, 1993, google scholar).

Snow and Hoefnagel-Hohle, “Age differ- ences in the pronunciation of foreign sounds. Language and Speech”, 1978, in press.

Snow Krashen, The “Fundamental Pedagogical Principle” in Second Language Teaching. Studia Linguistica 35(1) & (2).

V. F. Allen, Techniques in teaching vocabulary, New York, N.Y.: Oxford University Press.




DOI: https://doi.org/10.24952/ee.v5i2.1178

Refbacks

  • There are currently no refbacks.





English Education: English Journal for Teaching and Learning

Tadris Bahasa Inggris Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan

UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan 

ISSN Print : 2338-8781 ISSN Online :  2579-4043

Jl. T. Rizal Nurdin Km. 4,5 Sihitang Padangsidimpuan Sumatra Utara 22733 Indonesia

Phone: 0634-22080 Fax: 0634-24022

Email: englishjournal@uinsyahada.ac.id


Flag Counter View My Stats