THE ANALYSIS OF STUDENTS’ STRESSED SYLLABLES MASTERY AT SIXTH SEMESTER OF TBI IN IAIN PADANGSIDIMPUAN

Erawadi Erawadi (IAIN Padangsidimpuan)
Hamka Hamka (IAIN Padangsidimpuan, Indonesia)
Fitri Juliana (IAIN Padangsidimpuan, Indonesia)

Abstract


Penelitian ini membahas tentang analisis penguasaan suku kata siswa yang menekankan pada semester enam TBI di IAIN Padangsidimpuan. Para siswa masih mengalami kesulitan dalam penguasaan suku kata yang tertekan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penguasaan suku kata yang menekankan siswa pada semester enam TBI di IAIN Padangsidimpuan, untuk menemukan kesulitan penguasaan suku kata yang menekankan siswa pada semester enam TBI di IAIN Padangsidimpuan, dan menemukan solusi guru untuk mengatasi kesulitan siswa. dalam penguasaan suku kata yang tertekan pada semester enam TBI di IAIN Padangsidimpuan. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kualitatif dan deskriptif. Penelitian dimulai pada bulan Maret 2017 sampai April 2017 di IAIN Padangsidimpuan. Sumber data untuk penelitian ini adalah siswa semester enam di TBI di IAIN Padangsidimpuan sebagai sumber utama dan dosen Pengucapan sebagai sumber sekunder. Ada 2 instrumen dalam mengumpulkan data, ada tes dan wawancara. Data diolah dan dianalisis dengan proses kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menemukan bahwa penguasaan suku kata siswa pada semester enam TBI di IAIN Padangsidimpuan adalah 68,92% dan dapat dikategorikan dengan baik. Kesulitan siswa sulit untuk membedakan onset dan struktur coda, sulit dianalisis kata yang memiliki banyak suku kata, dan sulit di transkrip kata. Alasan masalah siswa dalam penguasaan suku kata yang ditekankan pada semester enam TBI di IAIN Padangsidimpuan adalah bahwa siswa memiliki masalah dalam transkripsi terutama di inti (bunyi vokal), kata-kata tersebut tidak dapat menuliskan sebuah kata karena kurang dalam latihan, motivasi rendah dan Tak peduli kapan guru menjelaskan pokok pembicaraan. Upaya tersebut adalah siswa harus meninjau pelajaran tentang fonem terutama dalam vokal dan konsonan berdasarkan standar bahasa Inggris, sehingga tidak bingung.


Keywords


Stressed Syllable and Mastery

Full Text:

PDF

References


Avery, Peter and Susan Ehrlich, Teaching American English Pronounciation. New York: Oxford University Press, 1992.

Carr, Philip, English Phonetic and Phonology: an introduction. USA : Blackwell publishers.

Creswell, John W. Research Design : qualitative, quantitative and mixed methods approaches. USA : Cambridge university press, 1990.

Collins, Baverly and Inger M. Mees, Practical Phonetic and Phonology. New York: First Published, 2009.

Gay , L. R. and Peter Airasian, Educational Research: Competencies for Analysis and Application. USA; New Jersey, 2000.

Giegerich, Heinz, J ,English Phonology An Introduction, Cambridge: University Press,1992.

Hamka, Linguistic (An Introduction) Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Padangsidimpuan, 2011.

Hifni Marina Pade, The Students’ Rising Intonation Ability of the Second Grade English Education Department IAIN Padangsidimpuan (Unpublished Script) (Padangsidimpuan IAIN 2015)

Hornby, A.S. Oxford Advanced Learner’s Dictionary of Current English. New York: Oxford University Press,1995.

Jones, Daniel, An Outline of English Phonetics Cambridge: University Press,1975.

Katamba, Francis. An Introduction to Phonology, London and New York: Chee Leong Press Sdh,Bhd, 1992.

Lass, Roger, An Introduction to Basic Concepts, Cambridge: University Press,1975.

Moleong, Lexy J. Penelitian Kualitatif. Bandung :RemajaRosdakarya, 2009.

Pourhossein Gilakjani, Abbas, English Language Department.Iran: Islamic Azad University,2011.

Riduan, Belajar Mudah Penelitian untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula.Bandung: Alfabeta, 2005.

Rini Erminawati, The influence of Mother Tongue to Students’ Pronunciation(Unpublished Script) (Padangsidimpuan STAIN,2012).

Roach, Peter, English Phonectics and Phonology, a Practical Course. New York:Cambridge University Press,1983.

Sudijono, Anas, Pengantar Statistik Pendidikan, Jakarta:Raja Grafindo Persada, 1991.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta, 2009.

Tracey Elen Taylor, “the effect of teaching two syllable types and one syllabication rule on the spelling achievement on the students with learning disabilities” (script the graduate faculty at Grand Valley State University, 1997).http://scholarworks.gvsu.edu/theses/391/pdf, accessed at 30 ,March, 2016 retrieved on 5 pm.

Trinh, Daniel, “the role of phonological syllable in English word recognition”.(script the university of western Ontario, 2014). http://www.psychology.uwo.ca/faculty/lupker/conferences/presentations2013/trinh.pdf, accessed at 3 ,January, 2017 retrieved on 5 pm.




DOI: https://doi.org/10.24952/ee.v5i1.1169

Refbacks

  • There are currently no refbacks.





English Education: English Journal for Teaching and Learning

Tadris Bahasa Inggris Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan

UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan 

ISSN Print : 2338-8781 ISSN Online :  2579-4043

Jl. T. Rizal Nurdin Km. 4,5 Sihitang Padangsidimpuan Sumatra Utara 22733 Indonesia

Phone: 0634-22080 Fax: 0634-24022

Email: englishjournal@uinsyahada.ac.id


Flag Counter View My Stats