PENERAPAN METODE KISAH MELALUI VIDEO ANIMASI PADA PENDIDIKAN AKHLAK

Santi Mahmuda Urbaningkrum* -  Universitas Ahmad Dahlan, Indonesia
Yazida Ichsan -  Universitas Ahmad Dahlan, Indonesia
Anisa Nuraida Rahma -  Universitas Ahmad Dahlan, Indonesia
Iklima Iklima -  Universitas Ahmad Dahlan, Indonesia

Pendidikan Akhlak menjadi salah satu pendidikan yang sangat dibutuhkan untuk membentuk karakter anak. Dalam penerapannya, Pendidikan akhlak perlu menggunakan metode yang tepat agar anak dapat dengan mudah memahami pelajaran yang diajarkan kepadanya. Penerapan metode kisah melalui video animasi merupakan pilihan yang dirasa tepat untuk menunjang pembelajaran pendidikan akhlak. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui keefektifan metode yang diterapkan serta menjadikan materi pendidikan akhlak sebagai materi yang mudah dipahami terutama bagi siswa, sehingga terciptanya masyarakat muslim yang memiliki akhlakul karimah. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan menggunakan jenis data sekunder yang diperoleh melalui buku serta jurnal atau artikel ilmiah yang relevan dengan penelitian yang dilakukan. Dari penelitian yang didasarkan oleh studi pustaka ini menunjukkan bahwa metode kisah sangatlah efektif untuk digunakan dalam pembelajaran pendidikan akhlak terkhusus untuk penerapan dalam bab yang menyangkut adab serta cerita tentang nabi dan para sahabat terlebih lagi dengan dipadukan dengan video animasi yang menjadikan materi yang diajarkan semakin menarik minat siswa dalam belajar.

Jurusan Pendidikan Agama Islam UIN Syahada Padangsidimpuan

Jln. T. Rizal Nurdin Km 4,5 Sihitang Kampus Utama IAIN Padangsidimpuan 22733

e-mail: darulilmitarbiyah@gmail.com

 P-ISSN: 2338-8692        E-ISSN: 2715-6745

Web jurnal: http://jurnal.iain-padangsidimpuan.ac.id/index.php/DI


View My Stats

Flag Counter