ANALISIS FAKTOR EKSTERNAL PEMBELAJARAN

Ade Suhendra* -  IAIN Padangsidimpuan, Indonesia

The quality of learning process influenced by many factors that each other have is urgent, overall chategorized as the external and internal. This paper  described about the external factors that influenced learning process of the students. The external factors in learning is anything outside (individual) that influenced process and result of learning. The external factors in learning is: family condition, social condition, and school condition.

Keywords : Pembelajaran; belajar; proses dan hasil pembelajaran

  1. Baharuddin dan Esa Nur Wahyuni, Teori Belajar dan Pembelajaran, Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2010.
  2. Barizi, Ahmad, Pendidikan Integratif: Akar Tradisi & Integrasi Keilmuan Pendidikan Islam, Malang: UIN-Maliki Press, 2011.
  3. Danim, Sudarman, Agenda Pembaruan Sistem Pendidikan, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2006.
  4. Djamarah, Syaiful Bahri, Psikologi Belajar, Jakarta: Rineka Cipta, 2011.
  5. Hadis, Abdul, Psikologi dalam Pendidikan, Bandung: Alfabeta, 2006.
  6. Hamalik, Oemar, Proses Belajar Mengajar, Jakarta: Bumi Aksara, 2004.
  7. _______, Dasar-Dasar Pengembangan Kurikulum, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2009.
  8. Ihsan, Fuad, Dasar-Dasar Kependidikan, Jakarta: Rineka Cipta, 2010.
  9. Illeris, Knud, Contemporary Theories of Learning, Bandung: Nusa Media, 2011.
  10. Iskandar, Psikologi Pendidikan: Sebuah Orientasi Baru, Ciputat: Gaung Persada, 2009.
  11. Majid, Abdul, Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2005.
  12. Makmun, Psikologi Kependidikan: Perangkat Sistem Pengajaran Modul, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2005.
  13. O’Flynn, Teresa Orange dan Louise, The Media Diet for Kids, Jakarta: Serambi, 2007.
  14. Purwanto, M. Ngalim, Psikologi Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2007.
  15. _______, Ilmu Pendidikan Teoretis dan Praktis, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2011.
  16. Riyanto, Yatim, Paradigma Baru Pembelajaran: Sebagai Referensi bagi Pendidik dalam Implementasi Pembelajaran yang Efektif dan Berkualitas, Jakarta: Kencana, 2010.
  17. Roqib, Moh., Ilmu Pendidikan Islam: Pengembangan Pendidikan Integratif di Sekolah, Keluarga, dan Masyarakat, Yogyakarta: LKiS, 2009.
  18. Sanjaya, Wina, Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran, Jakarta: Kencana, 2011.
  19. Slameto, Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya, Jakarta: Rineka Cipta, 2003.
  20. Slavin, Robert E., Psikologi Pendidikan: Teori dan Praktik, Jakarta: Indeks, 2009.
  21. Suhana, Nanang Hanafiah dan Cucu, Konsep Strategi Pembelajaran, Bandung: Refika Aditama, 2010.
  22. Sukmadinata, Nana Syaodih, Landasan Psikologi Proses Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2007.
  23. _______, Pengembangan Kurikulum: Teori dan Praktek, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2010.
  24. Suryabrata, Sumadi, Psikologi Pendidikan, Jakarta: Rajawali Press, 2011.
  25. Sutikno, Pupuh Fathurrohman dan M. Sobry, Strategi Belajar Mengajar Melalui Penanaman Konsep Umum dan Konsep Islami, Bandung: Refika Aditama, 2011.
  26. Syah, Muhibbin, Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2007.
  27. ¬¬_______, Psikologi Belajar, Jakarta: Rajawali Press, 2009.
  28. Tilaar, H.A.R., Manifesto Pendidikan Nasional: Tinjauan dari Perspektif Postmodernisme dan Studi Kultural, Jakarta: Kompas, 2005.

Jurusan Pendidikan Agama Islam UIN Syahada Padangsidimpuan

Jln. T. Rizal Nurdin Km 4,5 Sihitang Kampus Utama IAIN Padangsidimpuan 22733

e-mail: darulilmitarbiyah@gmail.com

 P-ISSN: 2338-8692        E-ISSN: 2715-6745

Web jurnal: http://jurnal.iain-padangsidimpuan.ac.id/index.php/DI


View My Stats

Flag Counter