INOVASI PENDIDIKAN ISLAM MUHAMMAD ABDUH

Maslina Daulay* -  Dosen Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi IAIN Padangsidimpuan, Indonesia
Muhammad Abduh was a monumental figure and the most eager to do an update for the Islamic world, especially Islamic education. He  was  a person who  was successful in opening the doors of ijtihad to adjust to the demands of modern-day Islam. Muhammad Abduh  focused  on education reform.
This was consistent with his purpose of life.   This method was an effort to reform.  It was  due  to the use of the proper functioning of the brain or mind. Thus, the activity of thinking could produce a science to suit the times.
  1. Arifin, M., Filsafat Pendidikan Islam (Jakarta: Bumi Aksara, 1991).
  2. Abduh, Muhammad, Risalah Tauhid, terj. Firdaus AN, Jakarta: Bulan Bintang, 1992.
  3. Al-Amidi, al-Ahkam fi Usul al-Ahkam, Juz III, Beirut: Dar al-Fikr, 1981
  4. Amin, Ahmad, Muhammad Abduh, Kairo: Mu’assat al-Khanji, 1960.
  5. Amin, Husayn Ahmad, Seratus Tokoh dalam Sejarah Islam, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 1999.
  6. Asari, Hasan, Modernisasi Islam Tokoh, Gagasan dan Gerakan (Kajian tentang Perkembangan Modern di Dunia Islam), Bandung: Citapustaka Media, 2007.
  7. Dasuki, Thawil Akhyar, Sebuah Kompilasi Filsafat Islam, Semarang: Dian Utama,1993.
  8. Gibb, H.A.R., Aliran-aliran Modern dalam Islam, diterjemahkan oleh Machnun Husein, Cet.IV (Jakarta: Rajawali Press, 1996), h.270.
  9. http://www.ilma 95.net/Muhammad- abduh.htm, Jurnalis Pembaruan Dakwah (Biografi Muhammad Abduh, diakses pada tanggal 16 Mei 2009.
  10. Lubis, Arbiyah, Pemikiran Muhammadiyah dan Muhammad Abduh Suatu Studi Perbandingan, Jakarta: Bulan Bintang, 1993.
  11. Ma’arif, Ahmad Syafi’i, Kata Pengantar dalam Fathurrahman Jamil, Metode Ijtihad Majelis Tarjih Muhammadiyah, Jakarta: Logos, 1995.
  12. Munawir, Imam, Mengenal Pribadi 30 Pendekar dan Pemikir Islam dari Masa ke Masa, Surabaya: Bina Ilmu, 1985.
  13. Nasution, Harun, Pembaruan dalam Islam: Sejarah Pemikiran dan Gerakan, Cet.VIII, Jakarta: Bulan Bintang, 1991.
  14. Nasution, Wahyuddin Nur, “Muhammad Abduh dan Pembaruan
  15. Pendidikan” dalam Pendidikan Islam dalam Buaian Arus Sejarah, (ed) Asnil
  16. Aidah Ritonga, Bandung: Citapustaka Media, 2008.
  17. Nizar, Samsul, Sejarah Pendidikan Islam Jakarta:Kencana, 2008
  18. Purwadarminta, W.S., Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 2007, h. 910.
  19. Rahnema, Para Perintis Zaman Baru Islam, Bandung: MIZAN, 1996.
  20. Ramayulis dkk, Ensiklopedi Tokoh Pendidikan Islam Mengenal Tokoh Pendidikan Islam di Dunia Islam dan Indonesia, Jakarta; Quantum Teaching, 2005.
  21. Said, Usman dan Jalaluddin, Filsafat Pendidikan Islam Konsep dan Perkembangan Pemikirannya, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 1994.
  22. Suharto, Toto, Filsafat Pendidikan Islam, Yogyakarta: Ar-Ruzz, 2006.
  23. Wahyudin, Din. Dkk., Pengantar Pendidikan (Jakarta: Universitas Terbuka, 2007.
  24. Yasmansyah, “Muhammad Abduh dan Usaha Pembaruan Pendidikan Islam di Mesir”, dalam Sejarah Pendidikan Islam Menelusuri Jejak Sejarah Pendidikan Era Rasulullah Sampai Indonesia, (ed) Samsul Nizar, Jakarta: Kencana, 2008.
  25. Yunus, Muhammad, Sejarah Pendidikan Islam di Indonesia (Jakarta: Mutiara Sumber Widya, 1992)

Jurusan Pendidikan Agama Islam UIN Syahada Padangsidimpuan

Jln. T. Rizal Nurdin Km 4,5 Sihitang Kampus Utama IAIN Padangsidimpuan 22733

e-mail: darulilmitarbiyah@gmail.com

 P-ISSN: 2338-8692        E-ISSN: 2715-6745

Web jurnal: http://jurnal.iain-padangsidimpuan.ac.id/index.php/DI


View My Stats

Flag Counter