Internalisasi Pendekatan Humanis Dalam Kurikulum Tersembunyi

Asfiati Asfiati* -  Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Padangsidimpuan, Indonesia

Kurikulum berfungsi sebagai alat dalam mencapai keberhasilan pendidikan. Salah satu aspek keberhasilan pendidikan adalah berbentuk afektif. Afektif menyangkut sikap dan tingkah laku. Standar sikap dan tingkah laku tidaklah dapat diukur secara terencana dan terprogram. Segala aktivitas pembelajaran yang tidak tertulis dan terprogram lebih dikenal dengan istilah kurikulum tersembunyi. Kurikulum tersembunyi tidak dapat dilihat dan sifatnya non akademik. Kurikulum tersembunyi membutuhkan aktualisasi diri peserta didik dan pendidik sebagai makhluk ciptaan Tuhan yang mampu mengedepankan nilai-nilai ruhiyah dan insaniah. Cara yang dapat dilakukan adalah internalisasi pendekatan humanis. Pendekatan humanis menjunjung tinggi prinsip fitrah dan rasional sehingga menciptakan manusia yang mempunyai keunggulan, keutamaan dan keistimewaan.

Keywords : Internalisasi, Pendekatan Humanis, Kurikulum Tersembunyi

  1. Abdurrahman Assegaf, Filsafat Pendidikan Islam Paradigma Baru Pendidikan Hadhari Berbasis Integratif-Interkonektif Jakarta: RajaGrafindo, 2011,
  2. Asfiati,Pendekatan Humanis dalam Pengembangan Kurikulum. Bandung: Perdana Publishing, 2016. https://books.google.co.id/books?id=GdRJDgAAQBAJ.
  3. Aslan,Hidden Curriculum: Ebooksia Publisher. Jakarta: Indis Pena, 2019.
  4. Atiqoh, Layly, and Budiyono Saputro. “Kurikulum Pendidikan Agama Islam Berbasis Linkungan Sebagai Penguatan Pendidikan Humanistik Di Sekolah Adiwiyata.”Edukasia : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam 12, no. 2 (November 8, 2017): 285. https://doi.org/10.21043/edukasia.v12i2.2492.
  5. Carl Roger, Learning and Teaching Humanist New York: Commons License: Attribution Non-Commercial, 2015
  6. Cholisoh, Lies. “Analisis Implementasi Hidden Kurikulum Dalam Pendidikan Karakter (Studi Kasus SD Islam Al Syukro Universal Tangerang Selatan.” B.S. thesis, Jakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah, n.d.
  7. Faqihuddin, Achmad. “Internalisasi Nilai-Nilai Humanistik Religius Pada Generasi Z Dengan ‘Design For Change.’” Edukasia : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam 12, no. 2 (October 13, 2017): 263. https://doi.org/10.21043/edukasia.v12i2.2471.
  8. Hamdi, Mohamad Mustafid. “Konsep Pengembangan Kurikulum.” Intizam, Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 1, no. 1 (October 5, 2017): 1–13.
  9. Jalaluddin, Filsafat Pendidikan Islam Jakarta: Kalam Mulia, 2011, h. 105.
  10. Karim, Abdul. “Mengembangkan Kesadaran Melestarikan Lingkungan Hidup Berbasis Humanisme Pendidikan Agama.”Edukasia : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam 12, no. 2 (January 25, 2018): 309. https://doi.org/10.21043/edukasia.v12i2.2780.
  11. Martimianakis, Maria Athina Tina, Barret Michalec, Justin Lam, Carrie Cartmill, Janelle S. Taylor, and Frederic W. Hafferty. “Humanism, the Hidden Curriculum, and Educational Reform: A Scoping Review and Thematic Analysis.”Academic Medicine: Journal of the Association of American Medical Colleges 90, no. 11 Suppl (November 2015): S5–13. https://doi.org/10.1097/ACM.0000000000000894.
  12. Masbur, Masbur. “Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Perspektif Abraham Maslow (1908-1970)(Analisis Filosofis).”Jurnal Edukasi: Jurnal Bimbingan Konseling 1, no. 1 (2015): 29–47.
  13. Muhaimin, Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2005 h. 142.
  14. Patimah. “Pendidik Dalam Pengembangan Kurikulum.” Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI 3, no. 1 (June 10, 2016). https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v3i1.582.
  15. Rahmatullah. “Landasan Pengembangan Kurikulum 2013.”journal Ta’limuna 2, no. 2 (August 7, 2018): 123–35. https://doi.org/10.32478/ta.v2i2.142.
  16. Said, Nur. “Pendidikan Toleransi Beragama Untuk Humanisme Islam DI Indonesia.”Edukasia : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam 12, no. 2 (October 13, 2017): 409. https://doi.org/10.21043/edukasia.v12i2.2445.
  17. Schmidtke, Carsten, and Peng Chen. “Humanistic Elements in the Educational Practice at a United States Sub-Baccalaureate Technical College.” International Journal for Research in Vocational Education and Training Vol 4 No 2 (2017)- (August 31, 2017). https://doi.org/10.13152/ijrvet.4.2.2.
  18. Usman, Abur Hamdi, International Islamic University College Selangor, Malaysia, Salman Zainal Abidin, and International Islamic University College Selangor, Malaysia. “Humanism in Islamic Education: Indonesian References.” International Journal of Asia Pacific Studies 13, no. 1 (January 15, 2017): 95–113. https://doi.org/10.21315/ijaps2017.13.1.5.

Jurusan Pendidikan Agama Islam UIN Syahada Padangsidimpuan

Jln. T. Rizal Nurdin Km 4,5 Sihitang Kampus Utama IAIN Padangsidimpuan 22733

e-mail: darulilmitarbiyah@gmail.com

 P-ISSN: 2338-8692        E-ISSN: 2715-6745

Web jurnal: http://jurnal.iain-padangsidimpuan.ac.id/index.php/DI


View My Stats

Flag Counter