Profil Guru Dalam Konteks Profesional

Asnah Asnah* -  Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Padangsidimpuan, Indonesia

Profesi pada hakekatnya adalah suatu pernyataan atau janji terbuka (to profess artinya menyatakan), yang menyatakan bahwa seseorang itu mengabdikan dirinya pada suatu jabatan atau pelayanan karena orang tersebut merasa terpanggil untuk menjabat pekerjaan itu.

 Dalam konteks profesional, profil guru yang diharapkan yakni guru dengan semangat tinggi, selalu memiliki inisiatif, gigih, tidak putus asa dan tidak gampang menyerah. Guru dalam dimensi kekinian digambarkan sebagai sosok manusia yang berakhlak mulia, arif, bijaksana, berkepribadian stabil, mantap, disiplin, santun, jujur, obyektif, bertanggung jawab, menarik, mantap, empatik, berwibawa, dan patut diteladani. Selain berkarakter, guru tentu perlu memiliki pondasi yang kokoh dalam ilmu, memiliki panggilan jiwa dan keikhlasan untuk berkorban demi bangsa dan Negara.

Keywords : Guru, Profesional

  1. B. J. Chandler. Education and The Teacher. New York: Dodd, Mead & Company Inc., 1960.
  2. Carl AD. Glickman. Development Supervision: Alternative Practice for Helping Teacher Improve Instruction. Virginia: ASCD, 2001.
  3. Dedi Supriadi. Mengangkat Citra dan Martabat Guru. Yogyakarta: Adicita Karya Nusa, 2008.
  4. Doddy A. Tisnaamidjaja. Pola Pembaharuan Sistem Pendidikan Tenaga Kependidikan di Indonesia. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Depdikbud, 2009.
  5. E. Mulyasa. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2006.
  6. Francis Fuller. “Concern of Teacher: A Development Conceptualization”, American Research Journal, 6 March 1979.
  7. Kunandar. Guru Profesional: Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2007.
  8. Mohamad Surya. Membangun Profesionalisme Guru. Jakarta: Bina Aksara, 2005.
  9. Muhammad Uzer Usman. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2005.
  10. Oemar Hamalik. Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi. Jakarta: Bumi Aksara, 2004.
  11. Piet A Sahertian. Profil Pendidik Profesional. Yogyakarta: Andi Offset, 1994.
  12. Robert Richey. Planning for Teaching Instruction to Education. t.t.p: Mc. Graw Hill, 2002.
  13. Soetjipto dan Raflis Kosasi. Profesi Keguruan. Jakarta: Rineka Cipta, 2009.
  14. Sudarwan Danim. Pengembangan Profesi Guru: Dari Induksi ke Profesional Madani. Jakarta: Media Perhalindo, 2011.
  15. -----------------------. Profesionalisasi dan Kode Etik Guru. Bandung: Alfabeta, 2010.

Jurusan Pendidikan Agama Islam UIN Syahada Padangsidimpuan

Jln. T. Rizal Nurdin Km 4,5 Sihitang Kampus Utama IAIN Padangsidimpuan 22733

e-mail: darulilmitarbiyah@gmail.com

 P-ISSN: 2338-8692        E-ISSN: 2715-6745

Web jurnal: http://jurnal.iain-padangsidimpuan.ac.id/index.php/DI


View My Stats

Flag Counter