Penyesuaian Diri Anak Luar Biasa Dalam Kajian Kesehatan Mental

Siti Wahyuni Siregar (Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi IAIN Padangsidimpuan, Indonesia)

Abstract


Abstract: Self-adjustment is the ability of individuals to get along with themselves and their environment. Individuals are required to be able to adjust their own needs to the demands of the environment, with the aim that the conflict does not occur with a long duration, and can be reduced properly. Extraordinary children are children who deviate from the average normal child, both deviating up and down from normal criteria in terms of mental characteristics, sensory abilities, neuromotor or physical characteristics, social and emotional behavior, communication skills, or a combination of these various variables insofar as they require modification of school implementation in the form of special education services or special education to develop their capacity to the maximum. There are several factors that influence the fast / slow growth of children, including genetics, heredity, temperamental, intellectual, health and nutrition, culture, environmental influences, and special experiences of each stage of development experienced by children. While the causes of extraordinary children are divided into 3 stages, namely when in the womb, at birth, and postnatal / postnatal.
Keywords: adjustment, extraordinary children.

 

Penyesuaian diri adalah kemampuan individu dalam bergaul dengan dirinya dan dengan lingkungannya. Individu dituntut untuk mampu menyesuaikan kebutuhan diri sendiri dengan tuntutan lingkungan, dengan tujuan agar konflik tidak terjadi dengan durasi yang panjang, dan dapat tereduksi dengan baik. Anak luar biasa adalah anak yang menyimpang dari rata-rata anak normal, baik menyimpang ke atas maupun ke bawah dari kriteria normal dalam hal karakteristik mental, kemampuan-kemampuan sensoris, karakteristik neuromotor atau fisik, perilaku sosial serta emosional, kemampuan berkomunikasi, maupun gabungan dari berbagai variabel tersebut sejauh ia memerlukan modifikasi pelaksanaan sekolah dalam bentuk pelayanan pendidikan khusus atau pendidikan luar biasa (special education) untuk mengembangkan kapasitasnya secara maksimum. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi cepat/ lambatnya masa tumbuh kembang anak, diantaranya genetika, hereditas, temperamental, intelektual, kesehatan dan nutrisi, budaya, pengaruh lingkungan, serta pengalaman-pengalaman khusus dari masing-masing tahap perkembangan yang dialami anak. Sedangkan faktor-faktor penyebab anak luar biasa dibagi kedalam 3 tahap, yaitu saat di kandungan, saat kelahiran, dan postnatal/ pasca kelahiran.

Kata Kunci: penyesuaian diri, anak luar biasa.


Full Text:

PDF

References


Adzim, Ahmad, Penelitian Skripsi: Perbedaan Konsep Diri Penyandang Cacat Fisik Bawaan Dengan Penyandang Cacat Fisik Bukan Bawaan Di Yaketunis Kotamadya Yogyakarta, UIN Suka Yogyakarta: Tidak diterbitkan, 2006.

Burn, R. B, Konsep Diri: Theori, Pengukuran, Perkembangan & Perilaku, Jakarta: Arcan, 1993.

Desmita, Psikologi Perkembangan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. 2005.

Diana, R. Rachmy, dkk, Jurnal Penelitian Psikologi Vol. 2 No. 1: Konseling Kelompok Kognitif Spiritual & Penyesuaian Diri Mahasiswa Difabel Tunanetra, Surabaya: IAIN Sunan Ampel, 2011.

Friedman, Howard, et.al, Psikologi Kepribadian, Erlangga: PT Gelora aksara Pratama, 2006.

Harjaningrum, Agnes Tri, dkk, Peranan Orang Tua dan Praktisi Dalam Membantu Tumuh Kembang Anak Berbakat Melalui Pemahaman Teori dan Tren Pendidikan, Jakarta: Prenada Media Group, 2007.

Wihastuti, Titin Andri, dkk, E-Jurnal Kesehatan: Hubungan Dukungan Keluarga Dengan Kemampuan Penyesuaian Diri Pada Anak Retardasi Mental Tingkat Sedang (Embsil) Di SLB Pembina Tingkat Nasional Bag. C Malang, Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya Malang: Tidak diterbitkan, 2013.

Semiun, Yustinus, Kesehatan Mental 2, Yogyakarta: Kanisius, 2006.

Siti Chalidah, Ellah, Terapi Permainan Bagi Anak Yang Memerlukan Layanan Pendidikan Khusus, Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional DIKTI, 2005.

Santrock, Jhon W., Child Development, Eleventh Edition., terj. Tim Penerbit Erlangga. Perkembangan Anak Edisi 20. Jakarta: Erlangga, 2007.

Susanandari, Dwi Ajeng, Gambaran Penyesuaian Diri Ibu dan Perkembangan Kemampuan Anak Tunaganda-Netra, FPsi. Universitas Indonesia: tidak diterbitkan, 2009.

Tirtonegoro, Sutratinah, Anak Supernormal dan Pendidikannya, Jakarta: Bina Aksara, 1984.

Kirk, Samuel A., et.al, Pendidikan Anak Luar Biasa, Bandung: Program Studi Pendidikan Luar Biasa FKIP Universitas Islam Nusantara Bandung, 1991.

Munandar, S. C Utami, Mengembangkan Bakat Dan Kreativitas Anak Sekolah, Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia, 1992.

Nelson, Ricard, et.al, Teori dan Praktik Konseling dan Terapi, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2011.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.