Analysis Of The Behavior Of Using Mobile Banking Services For Students

Abdul Nasser Hasibuan (UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan, Indonesia)
Muhammad Arif (UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan, Indonesia)
Nurhalimah Lubis (UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan, Indonesia)
Putri Bunga Meiliana Daulay (UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan, Indonesia)

Abstract


Abstrak

 

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan analisis perilaku penggunaan layanan mobile banking pada mahasiswa se-Sumatera Utara dengan pedekatan : technology acceptance model baik secara simultan maupun parsial. Sampel yang digunakan sebanyak 450 responden mahasiswa dengan teknik pengambilan sampel mengunakan teknik  proportioate stratified random sampling dengan melakukan uji hubungan dengan teknik  analisis SEM (Structural Equation Model), yang akan dianalisis menggunakan alat bantu  structural equation modeling dengan metode alternatif partial least square menggunakan software SmartPLS. Penelitian ini menemukan bahwa secara simultan persepsi manfaat dan persepsi kemudahan pengguna memiliki pengaruh terhadap prilaku penggunaan layanan mobile banking pada mahasiswa di Sumatera Utara. Sedangkan secara parsial persepsi manfaat dan persepsi kemudahan pengguna juga memiliki pengaruh terhadap prilaku penggunaan layanan mobile banking pada mahasiswa di Sumatera Utara. Serta persepsi manfaat lebih dominan dibandingkan persepsi kemudahan pengguna di dalam penggunaan layanan mobile banking pada mahasiswa di Sumatera Utara.

 


Abstract

 

This study aims to explain the behavioral analysis of the use of mobile banking services to students in North Sumatra with the approach: technology acceptance models, either simultaneously or partially. The sample used is 450 student respondents with the sampling technique using the proportional stratified random sampling technique by conducting a relationship test with the SEM analysis technique, with the alternative method of partial least square using the SmartPLS. This study found that simultaneously the perceived usefulness and perceived ease of users have an influence on the behavior of using mobile banking services among students in North Sumatra. Meanwhile, partially, the perceived usefulness and perceived ease of users have an influence on the behavior of using mobile banking services among students in North Sumatra. As well as the perception of benefits is more dominant than the perceived ease of users in using mobile banking services for students in North Sumatra.

 


Keywords


Usefulness, Ease Of Use, Behavior, Mobile Banking

Full Text:

PDF

References


Arliman S, Laurensius “Perananan Metodologi Penelitian Hukum Di Dalam Perkembangan Ilmu Hukum di Indonesia”, dalam Jurnal Sumatra Law Review, Volume I, Nomor 1, 2018.

Andrew, Gunawan , “Aplikasi Technology Acceptance Model Pada Minat Nasabah Untuk Menggunakan Mobile Banking, Jurnal Nominal, 2014.

Dewi, Ni Made Ari Puspita dan I Gde Kt. Warmika, “Peran Persepsi Kemudahan Penggunaan, Persepsi Manfaat dan Persepsi Resiko terhadap Niat Menggunakan Mobile Commerce di Kota Denpasar” dalam E-Jurnal Manajemen Unud, Vol.5, No.4, 2016.

Davis, F.D. (1989). Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, and User Acceptance of Information Technology. MIS Quarterly. Vol. 13 No. 3: pp319-340,” n.d.

Douglas, M. Dan Isherwood, 1979, The World of Coods; Towards An Anthropology of Consumption, London: Allen Lane.,” n.d.

Fadlan, Abi, “Pengaruh Persepsi Kemudahan dan Persepsi Kegunaan Terhadap Penggunaan Mobile Banking”, Jurnal Administrasi Bisnis, 2018.

Fauzan, Rahman, “Karakteristik Model dan Analisa Peluang Tantangan Industri 4.0”, Jurnal Teknik Informatika Politeknik Hasnur, Vol. 4, No. 1, April 2018.

Kusuma, rizal wahyu dan suwitho (2015) Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Fasilitas Dan Emosional Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, Volume 4, Nomor 12.

Hardiyanti, Ratih “Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Menggunakan Jasa Penginapan (Villa) Agrowisata Kebun The Pangilaran, (Skripsi, Universitas Diponegoro, 2010).

Kurniawati, Hanif Astika “Analisis Minat Penggunaan Mobile Banking dengan Pendekatan Technology Acceptance Model (TAM) yang Telah Dimodifikasi, jurnal e-journal Ekonomi Bisnis dan Akuntansi, Volume IV, 2017.

Kusuma, Hadri, ”Determinan Pengadopsian Layanan Internet banking : Perspektif Konsumen Perbankan Daerah Istimewa Yogyakarta”, Jurnal, Universitas Islam Indonesia, 2007.

Romadloniyah, Alifatul Laily dan Dwi Hari Prayitno, “Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan, Persepsi Daya Guna, Persepsi Kepercayaan, dan Persepsi Manfaat Terhadap Minat Nasabah dalam Menggunakan E-Money pada Bank BRI Lamongan”, dalam Jurnal Penelitian Ekonomi dan Akuntansi, Volume III, 2018.

Subagyo, Leonardo Yusavara Samudra, “Pengaruh Persepsi Kegunaan, Persepsi Keamanan terhadap Adopsi Mobile Banking Nasabah BNI di Surabaya dengan Permediasi Motivasi Hedonik”, (Thesis, STIE PERBANAS SURABAYA, 2018)..

Novita Sari and Selfi Setiyowati. (2013) “Pengaruh Keragaman Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Di Pb Swalayan Metro”.

Rini Dwiastuti dkk. (2012). Ilmu Perilaku Konsumen. Malang: Universitas Brawijaya Press.

Sunyoto, Danang. 2013. Teori, Kuesioner & Analisis Data Untuk Pemasaran Dan Wahyu, K. Dan Aji, H.S. (2014). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga Dan bukti fisik Terhadap Kepuasan Konsumen.




DOI: https://doi.org/10.24952/masharif.v10i2.6522

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Al-Masharif: Jurnal Ilmu Ekonomi dan Keislaman

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter  

 

  

 

 

 

Plagiarism Checked by: