Atribut Produk Tabungan Bank Syariah Dan Pengaruhnya Pada Minat Nasabah Menabung

Ismaulina Ismaulina, Agus Ana Tasya

Abstract


Abstrak

 

Minat nasabah menabung sangat ditentukan oleh atribut produk perbankan yang tersedia.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana atribut produk tabungan perbankan syariah Bank Aceh Syariah KCP Sampoiniet mempengaruhi minat nasabah menabung. Metode yang digunakan dengan pendekatan kuantitatif dan objek penelitiannya  adalah atribut produk tabungan dan minat nasabah menabung. Sampel terdiri dari 43 orang nasabah yang di ambil secara random.Data diperoleh melalui penyebaran kuesioner (angket) serta dokumentasi.Teknis analisis data melalui uji validiitas, reliabilitas, dan normalitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa atribut produk tabungan  Bank Aceh Syariah KCP Sampoiniet telah dilakukan dengan baik terlihat dari uji statistiknya yang signifikan. Hal ini di tunjukan dengan besarnya nilai thitung dengan ttabel (2.639>1.68288).

 

 

 

 

Abstract

 

Customers' interest in saving is largely determined by the attributes of available banking products. The purpose of this research is to find out how the attributes of Islamic banking savings products at Bank Aceh Syariah KCP Sampoiniet affect customers' interest in saving. The method used is a quantitative approach and the object of research is the attributes of savings products and customer interest in saving. The sample consisted of 43 customers who were taken randomly. Data obtained through distributing questionnaires (questionnaires) and documentation. The technique of analyzing the data was through the validity, reliability and normality tests. The results showed that the attributes of the Bank Aceh Syariah KCP Sampoiniet savings product have been performed well as seen from the significant statistical test. This is indicated by the value of tcount with t-table (2.639> 1.68288).

 



Keywords


Attributes of Savings, Customers' Interest, Syariah Banking

Full Text:

PDF

References


Agung Purwo Atmojo,Analisis Pengaruh Kualitas Layanan, Nilai Nasabah, dan Atribut Produk Islam Terhadap Kepuasan Nasabah. (Studi Kasus Pada BNI Syariah Cabang Semarang)".(Skripsi 2010) UNDIP Semarang, Indonesia

Agus Bastiar, “Pengaruh atribut produk Islam, komitmen agama, kualitas jasa, dan kepercayaan terhadap kepuasan nasabah PT BPRS Puduarta Insani Tembung” (Studi Kasus Pada Nasabah PT BPRS Puduarta Insani Tembung)". (Skripsi 2012) Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Algifari,Statistika Induktif, Yogyakarta: YKPN, 2003.

Daromi, dkk, Kebijakan Bauran Pemasaran.Yogyakarta: BPFE, 1992.

Erna Ferrinadewi, Atribut Produk yang Dipertimbangkan dalam Pembelian Kosmetik dan Pengaruhnya pada Kepuasan Konsumen di Surabaya. (Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan Universitas Petra, Vol. 7. No. 2.2005) Fakultas Ekonomi-Universitas Kristen Petra, Indonesia

Fandy Tjiptono, Strategi Pemasaran, Yogyakarta: Andi, 2008.

Heri Sudarsono dan Priyonggo Suseno, Istilah-istilah Bank dan Lembaga Keuangan Syariah. Yogyakarta: UII Press, 2004.

Imamul Arifin, Membuka Cakrawala Ekonomi,Jakarta: Setia Purna Inves, 2007.

Ismail,Perbankan Syariah, Jakarta: Kencana, 2011.

Ismaulina,Pengaruh Lebelisasi-Halal, Citra Merek, dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Mie Instant Indomie. (Manajerial: Jurnal Manajemen dan Sistim Informasi, 19(2), 185-197, 2020) Universitas Pendidikan Indonesia

Koentjaraningrat, Metode-metode Penelitian Masyarakat, Cet. XIII, Jakarta: PT. Gramedia, 1994.

Luthfi Hamidi, Jejak-Jejak Ekonomi Syariah, Jakarta: Senayan Abadi Publishing, 2003.

Malayu Hasibuan, Dasar-dasar Perbankan, Jakarta: Bumi Aksara, 2008.

Muhammad Syafii Antonio, Bank Syariah dari Teori ke Praktik, Jakarta: Gema Insani, 2001.

Muhammad,Sistem dan Prosedur Operasional Bank Syariah Edisi Revisi. Yogyakarta: UII Press, 2008.

Philip Kotler,Manajemen Pemasaran, Edisi Sebelas,Jakarta: Indeks, 2003.

Priyanto Buwi, Mandiri Belajar SPSS untuk Analisa Data dan Uji Statistic, Edisi 1. Jakarta: Salemba Empat, 2008.

PriyatnoDwi, Mandiri Belajar SPSS, untuk Analisis Data dan Uji Statistik. Yogyakarta: Media Kom, 2008

Rahman El Junusi, Pengaruh Atribut Produk Islam, Komitmen Agama, Kualitas Jasa dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Nasabah Bank Syariah (Pada Bank Muamalat Kota Semarang)". (Skripsi Prodi Ekonomi Islam Fakultas Syariah IAIN Walisongo 2009). IAIN Walisongo, Indonesia.

Rahman El-Yunusi, Jurnal. Pengaruh Atribut Produk Islam, Komitmen Agama, Kualitas Jasa dan Kepercayaan terhadap Kepuasan dan Loyalitas Nasabah Bank Syariah (pada Bank Muamalat Kota Semarang), (Jurnal. Annual Converennce on Islamic Studies (ACIS) ke 9 tahun, 2009)Surakarta, Indonesia

Rutmaira Sitinjak, Analisis Pengaruh Atribut Produk Islami Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabahdan Loyalitas Nasabah Pada PT Bank Negara Indonesia Syariah (BNI SYARIAH) Pekanbaru (Jurnal Online Mahasiswa, Jom FEKON Vol. 2 No. 2 Oktober 2015) Universitas Riau, Indonesia

Sugiono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif,Bandung: Alfabeta, 2011.

Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian;Suatu Pendekatan Praktik, Edisi Revisi ke 6, Jakarta: Renika Cipta, 2012.

Sumber Data (arsip) PT. Bank Aceh Syariah Capem Samponiet 2017.

Sunarto Zulkifli, Panduan Praktis Transaksi Perbankan Syariah, Jakarta: Zikrul Hakim, 2003.

Ujang Suwarman, Perilaku Konsumen: Teori dan Penerapannya dalam pemasaran, Bogor: Ghalia Indonesia, 2004.




DOI: https://doi.org/10.24952/masharif.v8i2.3360

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Al-Masharif: Jurnal Ilmu Ekonomi dan Keislaman

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter

 

 

 

Plagiarism Checked by: