ANALISIS FINANCIAL LEVERAGE TERHADAP EARNING PER SHARE PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI JAKARTA ISLAMIC INDEX

Juliana Juliana (Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Indonesia)
Muhammad Arif (Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Indonesia)

Abstract


Abstrak:

Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah terjadinya fluktuasi earning per share pada perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index periode 2015-2018. Earning per share mengalami fluktuasi dipengaruhi oleh faktor financial leverage. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Financial Leverage Terhadap Peningkatan Earning Per Share Pada Perusahaan yang Terdaftar di Jakarta Islamic Index. Teori yang dalam penelitian ini adalahjika Rasio yang digunakan untuk menilai jumlah pendapatan yang diperoleh dalam suatu periode untuk tiap lembar saham yang beredar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Menggunakan pengambilan sampel berdasarkan kriteria-kriteria tertentu, maka diperoleh kriteria terdiri dari 8 perusahaan dan 32 laporan keuangan. Hasil penelitian secara parsial menunjukkan bahwa financial leverage tidak berpengaruh secara persial terhadap earning per share. Sedangkan secara uji determinasi R2 squaresebesar 0,062  persen variabel dependen earning per sharedijelaskan oleh variabel independen yaitu financial leverage dan sisanya sebesar 99,938 persen dijelaskan oleh variabel lain yang tidak ada dalam penelitian ini.

 

Abstract: The problems in this study is the occurrence of earnings fluctuations per share in companies listed on the Jakarta Islamic Index for the 2015-2018 period. Earning per share has fluctuations influenced by financial leverage. This study aims to determine the effect of Financial Leverage Against Earning Per Share Increase in Companies Listed in the Jakarta Islamic Index. The theory in this study is if the ratio is used to assess the amount of income earned in a period for each share outstanding. This research is a quantitative research. Using sampling based on certain criteria, the criteria are obtained consisting of 8 companies and 32 financial statements. The results of the research partially show that financial leverage has no persial effect on earnings per share. Whereas the R2 squares determination test of 0.062 percent of the dependent variable earning per share is explained by the independent variable namely financial leverage and the remaining 99.938 percent is explained by other variables not present in this study.

 


Keywords


Financial Leverage, Earning Per Share, JII

Full Text:

PDF

References


Bridwan, Intermediate Accaunting,Yogyakarta: BPFE, 2014.

Dwi Utari, dkk, Manajemen Keuangan: Edisi Revisi Kajian Praktik dan Teori dalam Mengelola Keuangan Organisasi Perusahaan,Jakarta: Mitra Wacana, 2014.

Francis Tantri, Pengantar Bisnis,Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2010.

Irham Fahmi, Analisis Laporan Keuanga, Bandung: ALFABETA, 2017.

Imam Ghozali dan Dwi Ratmono, Analisis Multivariat dan Ekonomitrika Teori, Konsep, dan Aplikasi dengan Eviews 8,Semarang: Undip, 2013.

Kasmir, Analisis Laporan Keuangan, Jakarta: Rajawali Pers, 2012.

Nur Asnawi dan Masyhuri, Metodologi Riset Manajemen Pemasaran, UIN: Maliki Press, 2011.

R. Agus Sartono, Manajemen Keuangan Teori dan Aplikasi Edisi 4 ,Yogyakarta: BPFE, 2010.

Sofyan Syafri, Analisis Kritis atas Laporan Keuangan (Jakarta: Rajawali Pers, 2018.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: ALFABETA, CV, 2016.




DOI: https://doi.org/10.24952/masharif.v7i2.2191

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Al-Masharif: Jurnal Ilmu Ekonomi dan Keislaman

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter  

 

  

 

 

 

Plagiarism Checked by: