Mewujudkan Masyarakat Yang Sadar Investasi Syariah (Studi Persepsi Masyarakat Kota Medan)

Muhammad Syahbudi (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia)
Elida Elfi Barus (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia)

Abstract


Abstract

Investment is something that needs to be done, through investment in assets that are not owned. So that it can generate profits and benefit others. But the people of Medan City have a fairly high level of consumption. For this reason, there needs to be an awareness of the importance of investment, especially for Muslims. The fact states that the number of domestic capital market investors is still very minimal. This paper aims to determine the determinants of Islamic investment attractiveness in the city of Medan. The method used is descriptive statistical analysis, with primary data in the form of a questionnaire. Respondents were 100 people. Based on the results of the study concluded that the perception of the Medan City community towards sharia investment is quite good. Where the public can welcome the presence of Islamic financial institutions. The community feels that Islamic investment products have a wide variety, clearly halal, the benefits obtained are adjusted to the contract conducted and the profit sharing system is carried out openly. The reason why Medan City people invest in sharia products is safer, definitely halal, trustworthy and religious demands.

 

Abstrak

Investasi merupakan hal perlu dilakukan, melalui investasi harta yang dimiliki tidak diam. Sehingga dapat menghasilkan keuntungan serta bermanfaat bagi orang lain. Namun masyarakat Kota Medan memiliki tingkat konsumsi yang cukup tinggi. Untuk itu, perlu adanya kesadaran akan pentingnya investasi, khususnya bagi ummat Islam. Fakta menyatakan bahwa jumlah investor pasar modal domestik masih sangat minim. Tulisan ini bertujuan untuk mengetahui faktor penentu daya tarik investasi syariah di Kota Medan. Metode yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif, dengan data primer berupa kuesioner. Responden sebanyak 100 orang. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa persepsi masyarakat Kota Medan terhadap investasi syariah cukup baik. Dimana masyarakat dapat menyambut baik kehadiran lembaga-lembaga keuangan syariah. Masyarakat merasa bahwa produk investasi syariah memiliki banyak ragam, jelas kehalalannya, manfaat yang diperoleh disesuaikan dengan akad yang dilakukan dan sistem bagi hasil dilakukan secara terbuka. Alasan Masyarakat Kota Medan berinvestasi produk syariah adalah lebih aman, pasti halal, terpercaya dan tuntutan agama.


Keywords


Conscious, Investment, Sharia

Full Text:

PDF

References


Ariani, Dian. Persepsi Masyarakat Umum Terhadap Bank Syariah di Medan. Tesis Sekolah Pascasarjana Universitas Sumatera Utara, 2007.

Bitta, Albert J. Della & David L. Loudon. Consumer behaviour (4th). New Jersey: Prentice Hall, 1993.

Dharmmesta, Basu Swastha. Theory of Planned Behaviour dalam Penelitian Sikap, Nilai dan Perilaku Konsumen, KELOLA; No. 18/VII/1998.

Hamidi, M. Luthfi. Jejak-Jejak Ekonomi Syariah. Jakarta: Senayan Abadi Publishing, 2003.

Handoko, Luqman Hakim. Potret Industri Keuangan Syariah, Berita IAIN Surakarta, 2017.

Handoko, T. Hani. Manajemen Edisi 2. Yogyakarta: BPFE Yogyakarta, 2003.

Hogan, Nicky. Yuk Nabung Saham: Selamat Datang Investor Indonesia. Jakarta: Elex Media Komputindo, 2017.

Jogiyanto. Teori Portofolio Dan Analisis Investasi. Yogyakarta: BPFE, 2014.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. (2009). Manajemen Pemasarn Edisi 12 Jilid I, Terjemahan: Benyamin Molan. Jakarta: P.T. Indeks. Mangkunegara,

Kusmawati. “Pengaruh Motivasi Terhadap Minat Berinvestasi Di Pasar Modal Dengan Pemahaman Investasi Dan Usia Sebagai Variabel Moderat,” Jurnal Ekonomi Dan Informasi Akuntansi (Jenius) 1, no. 2, 2011.

Malik, Ahmad Dahlan. “Analisa Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Minat Masyarakat Berinvestasi Di Pasar Modal Syariah Melalui Bursa Galeri Investasi Uisi,” Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam 3, no. 1, 2017.

Maulana, Firman. Yuk Belajar Saham Untuk Pemula. Bab III. Jakarta: Elex Media Komputindo, 2017.

Nisa, Aminatun dan Luki Zulaika. “Pengaruh Pemahaman Investasi, Modal Minimal Investasi Dan Motivasi Investasi Terhadap Minat Mahasiswa Berinvestasi Di Pasar Modal,” Jurnal Penelitian Dan Terapan Akuntansi 2, no.2, 2017.

Pajar, Rizki Chaerul. “Pengaruh Motivasi Investasi Dan Pengetahuan Investasi Terhadap Minat Investasi Di Pasar Modal Pada Mahasiswa FE UNY.” Jurnal Profita, 2017.

Rahadjeng, Erna R. “Analisis Perilaku Investor Perspektif Gender dalam Pengambilan Keputusan Investasi di Pasar Modal,” HUMANITY, Jurnal Ekonomi Islam 6, no.2, 2011.

Rosidi, Suherman. Pengantar Teori Ekonomi, Pendekatan Terhadap Teori Ekonomi Mikro dan Makro. Jakarta: Grafindo, 2009.

Rosmida dan Endang Sri Wahyuni. “Keberhasilan Program “Yuk Nabung Saham” Oleh Bursa Efek Indonesia Dalam Meningkatkan Penjualan Instrumen Pasar Modal Di Indonesia,” Jurnal Inovbiz 5, no.2, 2017.

Rudiwantoro, Andreas. “Langkah Penting Generasi Millennial Menuju Kebebasan Finansial Melalui Investasi,” Jurnal Moneter 5, no.1, 2018.

Samsul, Mohammad. Pasar Modal dan Manajemen Portofolio. Jakarta: Erlangga, 2006.

Saputra, Dasriyan. “Pengaruh Manfaat, Modal, Motivasi, dan Edukasi Terhadap Minat Dalam Berinvestasi di Pasar Modal,” Future Jurnal Manajemen dan Akutansi 5, no.2, 2018.




DOI: https://doi.org/10.24952/masharif.v7i2.2183

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Al-Masharif: Jurnal Ilmu Ekonomi dan Keislaman

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter  

 

  

 

 

 

Plagiarism Checked by: