ANALISIS PENGARUH TINGKAT LIKUIDITAS TERHADAP PROFITABILITAS PADA PT MEDIA NUSANTARA CITRA Tbk PERIODE 2009-2017

Ikhwanuddin Harahap (IAIN Padangsidimpuan, Indonesia)
Ahmad Iqbal Tanjung (IAIN Padangsidimpuan, Indonesia)
Ica Yan Sari Siregar (IAIN Padangsidimpuan, Indonesia)

Abstract


Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah naik turunnya antara tingkat likuiditas terhadap profitabilitas yang menunjukkan bahwa tidak setiap kejadian sesuai dengan teori yang ada. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah TerdapatPengaruh Tingkat LikuiditasTerhadapProfitabilitasPada PT Media Nusantara Citra Tbk periode 2009-2017. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh tingkat likuiditas terhadap profitabilitas pada PT Media Nusantara Citra Tbk periode 2009-2017.

Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan bidang ilmu akuntansi dengan topik pembahasan adalah analisis pengaruh tingkat likuiditas terhadap profitabilitas pada laporan keuangan PT Media Nusantara Citra Tbk periode 2009-2017. Sehubungan dengan itu, pendekatan yang dilakukan adalah teori-teori yang berkaitan dengan rasio likuiditas dan rasio profitabilitas sebagai aspek-aspek atau bagian-bagian tertentu dari keilmuan tersebut.

Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif analisis deskriptif, sumber data adalah data sekunder dengan bentuk laporan keuangan dari PT Media Nusantara Citra Tbk, sampel yang digunakan berjumlah 35 data sampel. Teknik pengumpulan data adalah laporan keuangan publikasi triwulan yang dipublikasikan PT Media Nusantara Citra Tbk periode 2009-2017. Data diperoleh melalui situs resmi Bursa Efek Indonesia (BEI), yaitu www.idx.co.id. Kemudian diolah dengan bantuan SPSS Versi  23. Teknik analisis data dengan metode regresi sederhana, analisis statistik deskriptif, uji normalitas dan uji t.

Hasil penelitian ini menunjukkan secara parsial (uji-t) tingkat likuiditas tidak terdapat pengaruh secara signifikan terhadap profitabilitas yang dibuktikan dengan nilai thitung (0,735 < 2,034) ttabeldan nilai signifikansi 0,467(0,467 > 0,05) maka H0 diterimadan Ha ditolak. Nilai R2 sebesar 0,016 artinya persentase sumbangan pengaruh varibel X (tingkat likuiditas) terhadap variabel Y (profitabilitas) sebesar 1,6 persen, sedangkan 98,4 persen dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini.


Keywords


Tingkat Likuiditas dan Profitabilitas

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24952/masharif.v5i1.1408

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 JURNAL-ALMASHARIF: Jurnal Ilmu Ekonomi dan Keislaman

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter  

 

  

 

 

 

Plagiarism Checked by: