ANALISIS SEGMENTASI PASAR KONSUMEN KOPI HITAM DI KOTA PADANGSIDIMPUAN

Ikhwanuddin Harahap (IAIN Padangsidimpuan, Indonesia)
Windari Windari (IAIN Padangsidimpuan, Indonesia)
Gende Sahputra (IAIN Paangsidimpuan, Indonesia)

Abstract


Abstrak,

              Segmentasi pasar adalah upaya pengelompokan konsumen berdasarkan kebutuhan. Sehingga perusahaan dapat menerapkan pemasaran lebih efektif dan ekonomis. Sebelum diterimanya segmentasi pasar, cara yang umum melakukan bisnis dengan konsumen melalui pemasaran massal yaitu menawarkan produk dan bauran pemasaran yang sama kepada semua konsumen. Berdasarkan wawancara yang peneliti lakukan pada salah satu industri kopi hitam yang beralamat di Kelurahan Hutaimbaru, strategi pemasaran produk masih menggunakan pemasaran massal. Berdasarkan pengamatan peneliti, fenomena di Kota Padangsidimpuan. Kebiasaan masyarakat mengkonsumsi kopi hitam diwarung kopi. Budaya ini hal yang menarik diteliti dalam segmentasi sosial budaya. Permasalahan di atas menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: bagaimanakah segmentasi pasar konsumen kopi hitam di kota Padangsidimpuan.

              Teori-teori yang dibahas dalam penelitian ini sebagai pendekatan terhadap permasalahan yang diteliti adalah teori tentang segmentasi pasar, teoripasar, teori konsumen dan teori perilaku konsumsi dalam persfektif ekonomi konvensional dan ekonomi Islam. Jenis penelitian menggunakan metode kualitatif deskriftif, teknik pengumpulan data menggunakan wawancara. Teknik analisis data menggunakan analisis sebelum di lapangan, analisis data di lapangan model Miles dan Huberman dan analisis data di lapangan model Spradley. Jumlah respon den 60 orang.

Hasil penelitian, berdasarkan segmentasi demografis yaitu konsumen keseluruhan adalah laki-laki, usia>35 tahun, pendidikan secara umum yaitu SMA, pekerjaan secara umumnya wiraswasta, pendapatan rata-rata setiap bulan Rp 1.000.0000-Rp 2.000.000 dan >Rp 3.000.000. Berdasarkan segmentasi sosial budaya, agama Islam 59 orang, Kristen 1 orang, berdasarkan suku, 55 suku Batak, 2 suku Nias, 3 suku Jawa konsumen suku Batak. Alasan konsumen memilih warung kopi tempat untuk mengkonsumsi kopi hitam untuk berinteraksi sosial dengan masyarakat dan berbagi informasi pekerjaan. Berdasarkan segmentasi terkait pemakaian konsumen tergolong loyal, tingkat pemakaian pemakai ringan 17 orang, pemakai sedang 24 orang, pemakai berat19 orang. Alasan konsumen memilih kopi hitam karena rasa yang khas. Berdasarkan segmentasi psikografis, konsumen menghabiskan waktu dengan, membaca Koran, majalah, menonton acara khusus di TV dan mendengarkan radio. Konsumen berpendapat tidak ada perubahan rasa kopi hitam dari dahulu sampai sekarang. Berdasarkan segmentasi psikologis motivasi awal konsumen mengkonsumsi kopi hitam karena interaksi sosial dengan masyarakat yang terjadi di warung kopi, konsumen suka produk yang berkualitas, suka mencoba produk baru sejenis dan aktif mengikuti perkembangan.


Keywords


Segmentasi pasar, Konsumen, Pasar dan Perilaku Konsumsi

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24952/masharif.v5i1.1406

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 JURNAL-ALMASHARIF: Jurnal Ilmu Ekonomi dan Keislaman

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter  

 

  

 

 

 

Plagiarism Checked by: