KONSEP PEMASARAN ISLAM DI BANK PEMBIAYAAN RAKYAT SYARIAH DI KABUPATEN TAPANULI SELATAN

Abdul Nasser Hasibuan (IAIN Padangsidimpuan, Indonesia)

Abstract


ABSTRAK,

Penelitian ini membahas mengenai konsep pemasaran Islam yang dilakukan oleh PT. Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) se-kabupaten Tapanuli Selatan yang terdiri dari PT. Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) Oloan Ummah Sidempuan, Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) Mitra Manindo Panyabungan, Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) Sindanglaya Kotanopan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan strategi pemasaran produk funding di PT. Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) secara langsung implementasi strategi pemasaran produk. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriftif. Hasil dari penelitian ini adalah Implementasi strategi pemasaran PT. BPRS yaitu promosi secara berkelanjutan dengan jangka waktu yang relatif singkat, kemudian penerapan harga yang relatif murah dibandingkan dengan bank syariah lainnya, yaitu bank tidak mengenakan biaya administrasi pada rekening tabungan. PT. Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) juga memberikan  layanan fasilitas jemput bola  untuk nasabah tabungan maupun nasabah pembiayaan.

ABSTRACT,

This study discusses the concept of Islamic marketing conducted by PT. Islamic People's Financing Bank (BPRS) in South Tapanuli regency consisting of PT. Sharia People's Financing Bank (BPRS) Oloan Ummah Sidempuan, Sharia People's Financing Bank (BPRS) Mitra Manindo Panyabungan, Sharia People's Financing Bank (BPRS) Sindanglaya Kotanopan. The purpose of this study was to determine the funding strategy of marketing product planning at PT. Islamic People's Financing Bank (BPRS) directly implements product marketing strategies. This study uses descriptive qualitative methods. The results of this study are the implementation of the marketing strategy of PT. SRB is a continuous promotion with a relatively short period of time, then the application of a relatively cheap price compared to other Islamic banks, namely banks do not charge administrative fees on savings accounts. PT. The Syariah People's Financing Bank (BPRS) also provides pick-up facilities for savings customers and financing customers.


Keywords


Islamic Marketing Concept, Marketing Mix, Market Implementation

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24952/masharif.v6i2.1121

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 JURNAL-ALMASHARIF: Jurnal Ilmu Ekonomi dan Keislaman

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter  

 

  

 

 

 

Plagiarism Checked by: